Pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang / Suardi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang / Suardi

Suardi (2013) Pembelajaran contextual teaching and learning yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang / Suardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suardi. 2013. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang dapat Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (2) Dra. Santi Irawati M.Si Ph.D Kata kunci Contextual Teaching and Learning hasil belajar. Berdasarkan pengamatan peneliti dan wawancara terhadap guru bidang studi matematika pada tanggal 25 April 2013 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang terlihat menurun dari nilai rata-rata 80 sampai 62 5 dan sekitar 65% siswa terlihat kurang antusias dalam menerima materi pelajaran matematika. Hanya ada beberapa siswa yang antusias mengikuti pelajaran sedangkan sebagian besar siswa yang lain kurang begitu memperhatikan pelajaran. Mereka terlihat enggan untuk menyimak penjelasan guru dan mengeluh bahwa matematika itu sulit. Guru telah melakukan berbagai usaha untuk mengatasi permasalahan pembelajaran matematika yaitu memperbanyak pekerjaan rumah (PR) dan memberikan banyak remedial untuk beberapa siswa. Walaupun berbagai usaha telah dilakukan oleh guru namun hasil belajar siswa di kelas VII-G masih mengalami kendala. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Alasan penggunaan model pembelajaran CTL untuk mengatasi masalah tersebut yaitu (1) dengan menggunakan CTL diharapkan siswa mampu membagun sendiri pengetahuan mereka melalui keterlibatan aktif selama proses belajar mengajar (2) siswa dapat menemukan sendiri (3) siswa dapat aktif bertanya (4) siswa dapat belajar dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Malang pada bulan April sampai dengan Mei 2013 yang terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini menerapkan langkah-langkah pembelajaran contextual teaching and learning yang terdiri dari tujuh komponen yaitu kontruktivisme (contructivism) menemukan (inquiry) bertanya (questioning) masyarakat belajar(learning community) pemodelan (modeling) refleksi (reflection) dan penilaian yang sebenarnya (authentic assessment). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-G SMP Negeri 7 Malang . Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari hasil tes siklus I dan hasil tes siklus II sebesar 13 22%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus II dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus I dan II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15581

Actions (login required)

View Item View Item