Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi permutasi dan kombinasi menggunakan masalah kontekstual / Noer Lailiyatul Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi permutasi dan kombinasi menggunakan masalah kontekstual / Noer Lailiyatul Fitria

Fitria, Noer Lailiyatul (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi permutasi dan kombinasi menggunakan masalah kontekstual / Noer Lailiyatul Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fitria Noer Lailiyatul. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Permutasi dan Kombinasi Menggunakan Masalah Kontekstual. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyono M.Pd. (II) Drs. Sukoriyanto M.Si Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis kontekstual Permutasi dan Kombinasi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI MAN 1 Sidoarjo ternyata siswa belum memahami konsep-konsep permutasi kombinasi. Pembelajaran yang dilakukan banyak memanfaatkan LKS. Namun LKS yang digunakan siswa kurang menarik dan cenderung langsung memberikan permasalahan-permasalahan formal tanpa mengawali dengan kehidupan di sekitar siswa. Latihan soal yang ada di LKS cenderung memiliki tipe yang sama dari soal sebelumnya. Hal ini diakui siswa sendiri sangat membosankan jika harus menyelesaikan soal yang diberikan. 12288 12288 12288 12288 Oleh karena itu diperlukan Lembar Kerja Siswaa yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Lembar kerja yang dikembangkan tentu saja yang dapat membuat siswa mudah untuk memahami konsep permutasi kombinasi yaitu dengan memulai dari permasalahan sehari-hari yang dialami langsung oleh siswa 12288 12288 12288 12288 Pengembangan lembar kerja siswa ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal (2) pengembangan rancangan LKS (3) penyusunan LKS dan (4) penilaian LKS. LKS hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan 2 guru matematika MAN 1 Sidoarjo. Setelah itu LKS diujicobakan kepada 6 siswa kelas XI MAN 1 Sidoarjo. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase aspek kontekstual 84% aspek praktis 79% dan aspek efektif 83%. Selain itu berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil siswa dapat mengerjakan cek pemahaman yang diberikan dengan perolehan nilai yang telah memenuhi SKM yang ditentukan yaitu 76. Dengan demikian LKS yang dikembangkan dapat dinyatakan valid karena telah memenuhi aspek kontektual praktis dan efektif serta telah disusun sesuai dengan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item View Item