Prototype media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi pecahan untuk sswa SD kelas IV / Henny Khoirun Nisaa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototype media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi pecahan untuk sswa SD kelas IV / Henny Khoirun Nisaa'

Nisaa', Henny Khoirun (2013) Prototype media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi pecahan untuk sswa SD kelas IV / Henny Khoirun Nisaa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khoirun Nisaa Henny. 2012. Prototype Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Pecahan untuk Siswa SD Kelas IV. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd (II) Dra. Mimiep S. Madja M.Kom. Kata kunci media pembelajaran multimedia interaktif pecahan Sekolah Dasar Pecahan merupakan materi dasar dalam matapelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar. Sebagian siswa Sekolah Dasar menganggap pecahan merupakan materi yang sulit. Berdasarkan observasi penulis pada saat kegiatan KKN terdapat siswa yang salah dalam membandingkan pecahan 2/3 dan 2/5. Ada sebagian siswa yang menjawab 2/5 lebih besar dari 2/3. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar pecahan penulis merasa perlu adanya media belajar yang dapat membantu siswa sedemikian hingga media dapat menarik perhatian siswa untuk fokus sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi tersebut. Media pembelajaran melalui komputer diharapkan berbentuk interaktif. Media pembelajaran bisa berupa suatu multimedia interaktif jika dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika yang dikemas secara interaktif sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar. Tahapan pengembangan media ini terdiri dari menentukan kebutuhan dan tujuan pengembangan mengumpulkan referensi mempelajari isi materi perancangan awal pembuatan diagram alir program pembuatan struktur program pembuatan storyboard program pembuatan program membuat bahan pendukung evaluasi dan revisi program. Pada tahap evaluasi dipilih tiga orang ahli materi dua orang ahli media yang terdiri dari dosen dan guru sebagai validator. Hasil analisis data dari pelaksanaan validasi adalah sebagai berikut dari ahli materi sebesar 93 4% dari ahli media sebesar 94 4% dan dari angket siswa sebesar 96%. Berdasarkan hasil tersebut media interaktif yang dikembangkan dikatakan valid dan layak digunakan. Adapun kelebihan media interaktif ini adalah penjelasan materi bertahap media yang disajikan berbentuk interaktif dan digunakan secara mandiri sedangkan animasi dalam media menarik dan dapat memvisualisasikan materi pecahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15579

Actions (login required)

View Item View Item