Pengembangan lembar kerja siswa untuk model pembelajaran group investigasi pada materi trogonometri kelas XI IPA MA Muhammadiyah I Malang / Supiatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa untuk model pembelajaran group investigasi pada materi trogonometri kelas XI IPA MA Muhammadiyah I Malang / Supiatun

Supiatun (2013) Pengembangan lembar kerja siswa untuk model pembelajaran group investigasi pada materi trogonometri kelas XI IPA MA Muhammadiyah I Malang / Supiatun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supiatun. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Model Pembelajaran Grup Investigasi pada Materi Trigonometri Kelas XI IPA MA Muhammadiyah I Malang. Skripsi. Jurusan Matematika. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd (II) Drs. Erry Hidayanto M.Si. Kata kunci lembar kerja siswa grup investigasi trigonometri Berdasarkan pengamatan saat PPL di SMA Negeri 4 Malang pada tahun 2011/2012 banyak siswa yang mengutarakan bahwa matematika itu sangat sulit karena banyak dipenuhi dengan rumus-rumus contohnya adalah materi trigonometri. Banyak siswa mempelajari trigonometri dengan cara menghafalkan rumus-rumus tanpa mengetahui asalnya. Akibatnya siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang berhubungan dengan materi tersebut jika siswa tersebut lupa rumus. Model grup investigasi dapat memudahkan siswa dalam memahami materi trigonometri. Oleh karena itu tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran grup investigasi pada materi trigonometri kelas XI IPA yang valid praktis dan efektif. Pengembangan lembar kerja siswa ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal (2) merancang lembar kerja siswa (3) menyusun lembar kerja siswa dan (4) validasi lembar kerja siswa. Penilaian LKS dilakukan melalui dua tahap yaitu validasi dan uji coba LKS. Lembar kerja siswa divalidasi oleh tiga validator yang terdiri dari satu dosen matematika satu guru matematika MA I Muhammadiyah Malang dan satu guru matematika MAN II Batu. Uji coba LKS dilakukan pada enam siswa kelas XI IPA MA I Muhammadiyah Malang. Lembar kerja siswa yang dikembangkan terdiri dari empat bagian yaitu LKS I memuat materi trigonometri sudut yang ukuran sudutnya diperoleh dari jumlah atau selisih dari ukuran dua sudut yang lain LKS II memuat materi trigonometri sudut yang ukurannya diperoleh dari dua kali atau setengah dari ukuran sudut yang lain LKS III memuat materi jumlah atau selisih dari sinus atau kosinus sudut dan perkalian sinus atau kosinus sudut serta LKS IV memuat soal-soal pemecahan masalah yang terkait dengan materi trigonometri. Pada LKS I LKS II dan LKS III memuat langkah-langkah kerja yang merupakan langkah-langkah dari model pembelajaran grup investigasi. Langkah-langkahnya yaitu pemberian masalah awal pengumpulan informasi yang terkait dengan permasalahan awal menyelesaikan permasalahan awal dan evaluasi. Berdasarkan hasil penilaian validator pada tiap poin lembar validasi dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dengan rata-rata persentase 88 92 % dengan sedikit revisi. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan lembar kerja siswa dilihat dari penilaian angket siswa dengan ratarata presentase 1) LKS I sebesar 83 33% 2) LKS II sebesar 82 5% dan 3) LKS III sebesar 84 17%. Keefektifannnya dapat dilihat dari hasil evaluasi akhir siswa. Nilai yang diperoleh keenam siswa dalam mengerjakan evaluasi akhir telah memenuhi KKM yang telah ditentukan yaitu 75. ii Lembar kerja siswa hasil pengembangan ini diharapkan dapat diterapkan pada proses belajar mengajar siswa kelas XI IPA SMA/MA secara luas tidak hanya terbatas pada kelompok kecil. Pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran grup investigasi ini hanya terbatas pada materi trigonometri sehingga diharapkan adanya pengembangan lembar kerja siswa dengan model pembelajaran grup investigasi untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item View Item