Pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Fahrudin Mh. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Fahrudin Mh.

Fahrudin Mh., Muhammad (2013) Pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Newman untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Malang / Muhammad Fahrudin Mh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fahrudin Mh Muhammad. 2013. Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tahapan Newman Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 MALANG. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Bapak Dr.Edy Bambang Irawan M.Pd dan (II) Ibu Dra.Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd Kata kunci Meningkatkan kemampuan menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pembelajaran Koopreratif Tahapan Newman. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu program RSBI yaitu adanya kelas bilingual dimana materi yang disampaikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sedangkan bahan ajar disajikan dalam bahasa Inggis. Siswa bilingual banyak yang kesulitan dalam memahami buku atau bacaan dalam bahasa Inggris khususnya dalam pelajaran matematika yang mempunyai banyak istilah khusus. Berdasarkan wawancara dengan salah satu guru matematika SMPN 1 Malang diperoleh informasi bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa Inggris Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika berbahasa Inggris. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Newman. Tahapan dalam pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman diadopsi dari metode Analisis kesalahan Newman.. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa untuk menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa Inggris melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif berbasis tahapan Newman. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Setiap siklus dalam tindakan ini memuat 4 tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan berupa penerapan pembelajaran kooperatif berbasis tahpan Newman. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif diskriptif. Pengumpulan data berupa data hasil observasi wawancara catatan lapangan dan test tulis. Analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitin ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbahasa Inggris kelas VIII mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan (a) rata rata sekor akhir siswa pada siklus 1 sebesar 81 10 telah mencapai SKM dan banyaknya siswa yang mencapai nilai SKM telah mencapai 53 84% dari banyaknya siswa keseluruhan dan (b) rata rata sekor akhir siswa pada siklus II sebesar 93 telah mencapai SKM dan banyaknya siswa yang mencapai nilai SKM telah mencapai 92 31% dari banyaknya siswa keseluruhan (c) Persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbahasa Inggris mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15574

Actions (login required)

View Item View Item