Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi relasi dan fungsi SMP kelas VIII / Nuriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi relasi dan fungsi SMP kelas VIII / Nuriah

Nuriah (2013) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi relasi dan fungsi SMP kelas VIII / Nuriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nuriah. .Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Relasi dan Fungsi SMP Kelas VIII. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sapti Wayuningsih M.Si(II) Trianingsih Eni Lestari S.Si M.Si. Kata Kunci RPP pembelajaran relasi dan fungsi Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sangatlah penting perannya dalam proses pembelajaran karena menjadi salah satu acuan penting berhasil tidaknya pembelajaran yang dilaksanakan. Bagi guru rencana pembelajaran merupakan manual pembelajaran yang akan memudahkan dalam mengelolah kelas. RPP tidak akan hanya memberi kesempatan menyajikan pembelajaran yang lebih baik namun yang terpenting adalah adanya kesempatan untuk melakukan refleksi atas apa yang telah dibelajarkan selama ini. RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas laboratorium atau lapangan untuk setiap kompetensi dasar. Oleh karena itu apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar. Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya. Di dalam RPP secara rinci harus dimuat tujuan pembelajaran materi pembelajaran metode pembelajaran langkah-langkah kegiatan pembelajaran sumber belajar istrumen dan penilaian. Pada hal ini penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sangatlah penting untuk diterapkan di sekolah-sekolah. Dalam tulisan RPP ini mencoba menerapkan model diskusi kelompok pada pokok pembahasan materi relasi dan fungsi SMP kelas VIII. Dimana rencana pelaksanaan pembelajaran memuat hirarki konsep uraian materi dan skenario pembelajaran yang meliputi kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa secara bersama-sama dan bagiannya dibagi 3 tahap yaitu kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan akhir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15571

Actions (login required)

View Item View Item