Penerapan pembelajaran kooperatif tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang / Apnormi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang / Apnormi

Apnormi (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang / Apnormi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Apnormi. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor Sebaya Untuk meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eddy Budiono M.Pd (2) Aning Wida Yanti S.Si M.Pd. Kata kunci Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor Sebaya hasil belajar. Pembelajaran secara konvensional yang sering diterapkan oleh guru di sekolah mengakibatkan siswa pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Dan hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Salah Satu metode yang mampu mendorong siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya. Dalam pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya mengutamakan model kerjasama antara siswa dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang akan dibimbing oleh teman sebaya yang berprestasi baik siswa yang pandai mengajari yang lemah dan yang tahu memberi tahu yang belum tahu. Sehingga tercipta pola interaksi tertentu diantara anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Malang pada bulan Maret sampai dengan April 2013 dalam 2 tahap yaitu pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang adalah diawali adanya presentasi kelas oleh guru pembentukan kelompok secara heterogen setiap kelompok dipimpin oleh tutor sebaya guru mengontrol saat diskusi berlangsung guru memberi waktu kepada siswa untuk presentasi kelas dan diakhiri dengan membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang dipelajari. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari hasil tes siklus I dan hasil tes siklus II sebesar 14 63%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Baik dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus I dan II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item View Item