Pengembangan lembar kerja siswa berbahasa Inggris untuk pembelajaran yang berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMK / Erdita Anggraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa berbahasa Inggris untuk pembelajaran yang berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMK / Erdita Anggraini

Anggraini, Erdita (2013) Pengembangan lembar kerja siswa berbahasa Inggris untuk pembelajaran yang berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pokok bahasan barisan dan deret untuk siswa SMK / Erdita Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraini Erdita. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbahasa Inggris untuk Pembelajaran yang Berbasis Realistic Mathematics Education Pokok Bahasan Barisan dan Deret untuk Siswa SMK. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (II) Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) RME Barisan dan Deret. Ketersediaan LKS matematika untuk siswa SMK yang beredar saat ini sebagian besar hanya berisi materi dan soal. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS yang berkualitas dengan suatu pendekatan tertentu. LKS yang akan dikembangkan menggunakan pendekatan pembelajaran RME yang menggunakan permasalahan kontekstual sebagai dasar pembelajaran dan mengarahkan siswa mengkonstruksi suatu konsep berdasarkan pemikiran mereka sendiri sehingga siswa belajar melalui proses tidak sekedar menghafal. Tujuan pengembangan adalah menghasilkan LKS berbahasa inggris untuk pembelajaran yang berbasis RME yang valid praktis dan efektif sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran materi barisan dan deret. Model pengembangan LKS pada pengembangan ini mengacu pada model pengembangan menurut Mbulu dan Suhartono. Model pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap yaitu 1) tahap analisis situasi awal yang terdri dari analisis kebutuhan dan menentukan kompetensi dasar 2) tahap pengembangan LKS yang terdiri dari analisis kondisi belajar dan pengembangan isi LKS 3) tahap penyusunan produk LKS yang terdiri dari penyusunan format pengembangan LKS 4) Tahap penilaian LKS yang terdiri dari uji kevalidan. Berdasarkan hasil uji kevalidan uji kepraktisan dan uji keefektifan yang diuraikan pada bab IV secara keseluruhan produk LKS yang dikembangkan dinyatakan valid praktis dan efektif berdasar penilaian validator dan uji coba kelompok kecil. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria baik. Diharapkan bagi pengembang yang lain untuk mengembangkan LKS untuk pembelajaran yang berbasis RME pada materi yang lain. Selain itu diharapkan pula untuk mengujicobakan LKS yang dikembangkan pada kelompok yang lebih besar dengan menerapkan prinsip dan karakteristik RME secara utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item View Item