Sribuana (2013) Penarapan pembelajaran berbasis teori Pirie-Kieren untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 9 Pasuruan / Sribuana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sribuana. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Teori Pirie-Kieren untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 9 Pasuruan. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Susiswo M.Si (II) Drs. Slamet M.Si. Kata kunci Penerapan pembelajaran teori Pirie-Kieren aktivitas belajar matematika Latar belakang dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII-A SMPN 9 Pasuruan. Padahal aktivitas siswa dalam proses pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Karena siswa yang belajar maka mereka yang harus aktif melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam penelitian ini masalah yang diupayakan untuk diatasi adalah bagaimana aktivitas belajar matematika siswa di kelas VIII-A dapat ditingkatkan. Berdasarkan kajian teori yang dikaji peneliti aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan melalui implementasi pembelajaran berbasis teori Pirie-Kieren. Pembelajaran berbasis teori Pirie-Kieren dalam penelitian ini hanya menggunakan lima level pemahaman dalam teori Pirie-Kieren yaitu (1) Primitive Knowing (2) Image Making (3) Image Having (4) Property Noticing (5) dan Formalizing. Penelitian ini dilakukan di SMPN 9 Pasuruan pada bulan Januari hingga Februari 2012. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-A tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa. Data penelitian berupa aktivitas belajar siswa ditinjau dari proses pembelajaran dan proses evaluasi pembelajaran. Data aktivitas selama proses pembelajaran diperoleh dari hasil observasi sistematis. Dan data aktivitas pada proses evaluasi pembelajaran adalah hasil belajar siswa yang diperoleh dari pengerjaan tes secara mandiri pada setiap akhir siklus. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teori Pirie-Kieren dapat meningkatkan aktivitas siswa. Pada proses pembelajaran persentase aktivitas siswa terus meningkat dari sebelum siklus 1 (20%) siklus 1 (43 64% 48 49% 51 52%) dan siklus 2 (60 61% 66 06%). Pada proses evaluasi pembelajaran terjadi peningkatan persentase ketuntasan siswa pada siklus 1 dari 0% menjadi 18 18%. Namun rata-rata skor tesnya menurun dari 57 44 menjadi 55 61. Persentase ketuntasan belajar dan rata-rata skor tes siswa pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 48 48% dan rata-ratanya meningkat menjadi 72 27.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |