Penerapan siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar kelas IV / Rina Cahyani Diastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar kelas IV / Rina Cahyani Diastuti

Diastuti, Rina Cahyani (2013) Penerapan siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar kelas IV / Rina Cahyani Diastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Motivasi Belajar Prestasi Belajar Model Siklus Belajar 5E Pembelajaran matematika di kelas IV SDN 1 Balongsari masih bersifat teacher centered sehingga siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran teacher centered dapat menyebabkan motivasi dan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Ketercapaian tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan model siklus belajar 5E. Model ini membuat siswa belajar secara aktif dan bermakna melalui fase pendahuluan (engagement) fase eksplorasi (exploration) fase eksplanasi/penjelasan (explanation) fase elaborasi/penerapan konsep (elaboration) fase evaluasi (evaluation). Harapannya dapat memperbaiki proses belajar dan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK ini terdiri atas dua siklus setiap siklus terdiri atas empat pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN 1 Balongsari kelas IV-1 dengan banyak siswa 31 siswa. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah Keliling dan Luas Bangun Datar. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran motivasi belajar prestasi belajar. Prestasi belajar datanya diambil dari hasil tes pada setiap akhir siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase keterlaksanaan pembelajaran motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar 5E dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa meningkat yaitu pada siklus I (57.5 %) siklus II (84.17 %). Prestasi belajar siswa meningkat dari observasi awal (67.52 %) ke siklus I (72.90 %) ke siklus II (77.09 %). Keterlaksanaan penerapan siklus belajar meningkat dari siklus I (74.84 %) ke siklus II (82.58 %).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15563

Actions (login required)

View Item View Item