Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis untuk siswa kelas VII semester II / Mukh. Farihun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis untuk siswa kelas VII semester II / Mukh. Farihun

Farihun, Mukh. (2013) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis untuk siswa kelas VII semester II / Mukh. Farihun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media media pembelajaran berbantuan komputer garis. Dalam pembelajaran matematika beberapa siswa merasa sulit untuk memahami definisi rumus atau penjelasan konsep abstrak yang membuat semangat belajar siswa menjadi surut. Untuk menanggapi hal ini media pembelajaran berbantuan komputer dapat menjadi alternative sebagai upaya memudahkan siswa menangkap sesuatu yang abstrak. Materi garis sangat penting untuk dipelajari karena menjadi dasar bagi materi-materi seperti kesebangunan dan dimensi tiga. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses pengembangan dan hasil media pembelajaran berbantuan komputer pada materi garis untuk siswa kelas VII semester II. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan terdiri dari menentukan tujuan dan kebutuhan mengumpulkan bahan acuan mempelajari isi perancangan awal mendesain pengajaran membuat flowdhart materi membuat storyboard implementasi uji coba empiris evaluasi dan revisi. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik diskriptif. Data hasil analisis yang diperoleh menggambarkan apakah media pembelajaran yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari uji coba empiris terhadap siswa dengan menggunakan kuisioner respon siswa terhadap media. Dari hasil analisis kelayakan media menunjukkan bahwa 80% seluruh subyek coba yang menggunakan media telah memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran dengan media. Tambahan pula untuk analisis rata-rata respon siswa (RS) untuk semua pertanyaan sebesar 85 71% yang menunjukan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media sangat positif. Sehingga media dianggap telah layak digunakan dalam pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item