Wijaya, Elita Mega Selvia (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang / Elita Mega Selvia Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) hasil belajar. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas X-5 pada tanggal 23 Oktober 2012 di SMA Negeri 1 Lawang hasil belajar materi dimensi tiga masih di bawah standar ketuntasan minimal sekolah yaitu 75. Metode yang digunakan dalam mengajarkan materi dimensi tiga adalah ceramah. Dengan demikian sebagian besar siswa membangun pola pikir materi dimensi tiga secara individu. Padahal materi dimensi tiga merupakan materi yang sulit untuk dipahami karena bersifat abstrak. Siswa kelas X tergolong siswa peralihan dari daya pikir konkrit menuju daya pikir secara abstrak. Oleh karena itu peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran berkelompok untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang meningkatkan hasil belajar materi dimensi tiga siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan untuk mengetahui besar peningkatannya. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2013. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus dan hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru dalam menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together pada siklus I dan siklus II adalah 88 09% dan 95 23% yang termasuk kategori sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa adalah 85 16% dan 90 12% berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan memenuhi kriteria minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 24 siswa (66 67%) dari 36 siswa yang memenuhi SKM sedangkan pada siklus II terdapat 28 siswa (77 78%). dari 36 siswa yang memenuhi SKM. Dengan demikian hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11 11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Lawang pada materi dimensi tiga. Beberapa saran yang dapat disampaikan berdasarkan penelitian ini bagi guru atau peneliti yang akan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi dimensi tiga sebaiknya memeriksa pengetahuan prasyarat siswa karena model pembelajaran ini tidak akan berjalan lancar apabila siswa tidak menguasai pengetahuan prasyarat. Selain itu guru harus lebih memperhatikan pengelolaan waktu agar pelaksanaan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan rencana.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15557 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |