Pengembangan tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Fitri Umardiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Fitri Umardiyah

Umardiyah, Fitri (2013) Pengembangan tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Fitri Umardiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Umardiyah Fitri. 2013. Pengembangan Tutorial Interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA kelas X. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Darmawan Satyananda S.T M.T. (II) Lathiful Anwar S.Si M.Sc. Kata kunci Pengembangan Tutorial Interaktif Berbantuan Komputer Dimensi Tiga 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi dimensi tiga khususnya dalam menentukan jarak pada dimensi tiga. Selain itu juga dilatarbelakangi oleh banyaknya aplikasi komputer yang mudah digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Model tutorial interaktif dipilih untuk memahamkan siswa mengenai materi jarak pada dimensi tiga. Peneliti menyusun penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan suatu media berupa tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Penelitian dan pengembangan media tutorial interaktif ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck yaitu (1) tahap analisis kebutuhan (2) tahap desain (3) tahap pengembangan dan implementasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan berupa tutorial interaktif dalam bentuk satu file executable yang portable dan bebarapa file pendukung lainnya. Hasil pengembangan tutorial interaktif berbantuan komputer yang berkualitas adalah berdasarkan tiga kriteria yaitu valid praktis dan efektif. Validasi media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Ahli materi melibatkan satu dosen Matematika UM dan satu guru MAN 3 Malang. Sedangkan ahli media melibatkan satu dosen Matematika UM. Uji coba terbatas yang dilakukan untuk uji keefektifan dan kepraktisan melibatkan dua belas siswa MAN 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil validasi dengan skala 1-4 diperoleh nilai rata-rata 3 47 untuk validasi materi dan 3 471 untuk validasi media. Berdasarkan penilaian umum validator menyatakan media tutorial interaktif berbantuan komputer yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Dari uji coba terbatas juga diperoleh hasil persentase jawaban benar siswa 8805 88% sehingga media tutorial interktif ini memenuhi kriteria praktis. Hasil pengerjaan evaluasi mandiri siswa menunjukkan 91 67% siswa mendapat nilai 8805 75 (tuntas) dan juga siswa memberikan respon positif terhadap tutorial interaktif dengan nilai rata-rata sebesar 81 63% sehingga media tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga ini memenuhi kriteria efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15556

Actions (login required)

View Item View Item