Peningkatan motivasi dan pemahaman siswa melalui metode course review horay pada materi lingkaran kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wagir tahun pelajaran 2012/2013 / Dian Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motivasi dan pemahaman siswa melalui metode course review horay pada materi lingkaran kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wagir tahun pelajaran 2012/2013 / Dian Wulandari

Wulandari, Dian (2013) Peningkatan motivasi dan pemahaman siswa melalui metode course review horay pada materi lingkaran kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wagir tahun pelajaran 2012/2013 / Dian Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Course Review Horay motivasi dan pemahaman lingkaran Matematika merupakan bidang studi yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Sebagai bukti adalah pelajaran matematika diberikan kepada semua jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Banyak siswa beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sangat sulit. Guru berperan penting untuk meyakinkan siswa bahwa pelajaran matematika tidak sulit seperti yang mereka bayangkan. Salah satu hasil observasi yang dilakukan mendapatkan bahwa sebagian besar siswa tidak dapat memecahkan permasalahan matematika khususnya materi lingkaran ruang lingkup geometri. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari tergolong rendah. Selain itu keinginan belajar atau motivasi belajar matematika yang rendah. Mengingat pentingnya matematika maka diperlukan pembenahan proses pembelajaran yang dilakukan guru yaitu dengan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Berkaitan dengan alasan di atas pembelajaran yang tepat dilakukan dengan menggunakan metode Course Review Horay. Menurut Widodo (2011) Course Review Horay merupakan metodeyang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak horay . Course Review Horay adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk ikut aktif dalam belajar. Metode ini merupakan cara pembelajaran yang lebih menekankan pada pemahaman melalui materi yang diberikan oleh guru dengan menyelesaikan soal-soal. Dari fenomena di atas mempunyai tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan pelaksanaan dan langkah-langkah pembelajaran pada materi lingkaran dengan metode Course Review Horay untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wagir tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wagir Malang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara angket observasi dan tes evaluasi. Hasil evaluasi akhir siklus dianalisis menggunakan ketuntasan individual dan klasikal. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Wagir pada bulan Februari sampai Maret 2013 dalam beberapa tahap yaitu tahap pra tindakan tindakan analisis hasil dan refleksi. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan pemahaman dengan metode Course Review Horay oleh peneliti dari ketuntasan klasikal 73% pada siklus I menjadi 87 5% pada siklus II sehingga mengalami peningkatan 14 5%. Hasil observasi motivasi juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sehingga membantu membuktikan bahwa Course Review Horay dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman. Tujuan peneliti dapat tercapai dengan langkah-langkah pembelajaran Course Review Horay sebagai berikut (1) Tahap awal apersepsi sebagai materi prasyarat (2) Tahap inti terbagi menjadi dua kegiatan yaitu belajar kelompok dan diskusi kelas. Untuk belajar kelompok siswa mengerjakan Lembar Kegiatan Kelompok. Diskusi kelas yaitu menerapkan permaian kotak horay (3) Tahap akhir menyimpulkan materi yang telah dipelajari dan member kesempatan siswa untuk merespon pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item