Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) / Rio Febrianto Arifendi

Arifendi, Rio Febrianto (2013) Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) / Rio Febrianto Arifendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : motivasi belajar siswa, matematika, kooperatif tipe TAI. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti pada saat pembelajaran berlangsung di dalam kelas, sebagian besar siswa kurang memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran matematika. Selain itu, adanya kelompok ÔÇô kelompok homogen sehingga sebagian besar siswa berteman dengan kelompoknya sendiri ÔÇô sendiri. Kemudian pada saat pembelajaran berlangsung banyak siswa yang pasif, malas, dan tidak mau bertanya apabila ada kesulitan. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru pada saat mengajar lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa mudah jenuh dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Pada pembelajaran TAI siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok heterogen yang mempunyai perbedaan karakter dan tingkat kepandaian. Pembelajaran tipe TAI dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa semaksimal mungkin, karena siswa secara aktif belajar sendiri di dalam kelompok, melakukan diskusi, dan pengecekan dengan teman satu kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI MA Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi adalah angket motivasi belajar siswa. Data tersebut dianalisis selanjutnya dibahas dan pada akhirnya ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi tindakan terdapat 63.6% siswa yang memiliki motivasi rendah, tetapi setelah diberi tindakan terdapat 72.7% siswa yang memiliki motivasi cukup. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI Bahasa MA Muhammadiyah 1 Malang. Adapun tahap pelaksanaan tindakan yang dilakukan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu Placement Test, Teams, Teaching Group, Student Creative, Team Study, Whole Class Units, Fact Test, dan Team Score And Team Recognition. Pada tahap Teams pembentukan kelompok memperhatikan komposisi jumlah perempuan dan laki ÔÇô laki sehingga siswa tidak canggung berdiskusi dengan teman lawan jenisnya. Pada tahap Student Creative, bahasa dan petunjuk yang digunakan pada LKS lebih komunikatif sehingga mudah dipahami siswa. Pada akhir siklus, tahap Team Score And Team Recognition, peneliti juga memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapatkan skor tertinggi sehingga siswa lebih semangat dan termotivasi untuk belajar matematika. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerapan TAI adalah jumlah observer, manajemen waktu yang tepat, dan pengendalian kelas yang bijaksana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15552

Actions (login required)

View Item View Item