Azizah, Mirza (2013) Penerapan strategi REACT dengan setting Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan pemahaman persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Blitar / Mirza Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci REACT TSTS Pemahaman siswa Berdasarkan observasi pendahuluan serta wawancara kepada guru pengajar matematika di SMP Negeri 4 diketahui bahwa dalam proses pembelajaran jarang menerapkan metode atau model pembelajaran yang bermacam-macam. Metode ekspositori atau ceramah masih menjadi pilihan utama beliau dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di dalam kelas yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Metode yang diterapkan di sekolah tersebut masih perlu dikembangkan lagi agar dapat bervariasi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode belajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah strategi REACT (Relating Experiencing Applying Cooperating Transfering) dengan setting TSTS (Two Stay Two Stray). Penelitian ini mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran strategi REACT dengan setting TSTS yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-B SMP Negeri 4 Blitar pada materi persamaan garis lurus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam 1 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes akhir siklus. Data penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus I yakni 81.81 % siswa kelas VIII-B memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah penerapan strategi REACT dengan setting Two Stay Two Stray (TSTS) yaitu (1) relating guru mengulang kembali materi prasyarat kemudian memberi motivasi kepada siswa (2) experiencing siswa melakukan kegiatan yang terdapat pada LKS yang akan menuntun siswa dalam menemukan rumus (3) applying siswa mengaplikasikan rumus yang didapat kan setelah mengalami pada tahap experiencing untuk mngerjakan soal (4) cooperating siswa melakukan diskusi kelas dengan setting TSTS (dengan langkah-langkah yaitu siswa bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa setelah selesai dua dari masing-masing kelompok bertamu ke kelompok yang lain untuk bertanya dan mencari informasi (Two Stray) dua siswa yang tinggal bertugas membagikan hasil kerja dan informasi serta menjawab pertanyaan ke tamu (Two Stay) tamu mohon diri dan kembali ke kelompok asal dan melaporkan hasil temuan dari kelompok lain) dan dilanjutkan dengan kegiatan mempresentasikan hasil diskusi kelompok (5) transferring siswa diberikan soal tantangan dalam konteks yang baru tetapi masih terkait dengan materi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15550 |
Actions (login required)
View Item |