Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Mambaul Ulum Banjarejo / Husnul Fathoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Mambaul Ulum Banjarejo / Husnul Fathoni

Fathoni, Husnul (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTS Mambaul Ulum Banjarejo / Husnul Fathoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif STAD Hasil belajar Berdasarkan hasil try out yang dilaksanakan oleh KKM MTsN Malang III sebanyak 5 kali pada tahun pelajaran 2011/2012 siswa MTs Mambaul Ulum Banjarejo yang lulus rata-rata 9 % dari 79 siswa. Standar kelulusan minimal yang harus dicapai siswa setiap mata pelajaran adalah 5 50. Oleh karena itu diperlukan deskripsi penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Mambaul Ulum Banjarejo. Instrumen pengumpulan data adalah tes pedoman wawancara dan lembar observasi. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui beberapa tahapan. Yaitu (a) pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam mempresensi siswa dan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang gradien dan persamaan garis lurus memotivasi siswa dengan menampilkan gambar menara pisa dan memberikan beberapa bertanyaan berkaitan dengan menara pisa dan membahas materi prasyarat serta memberikan soal dengan metode penemuan terbimbing (b) Siswa dibagi menjadi 6 kelompok berdasarkan nilai pretes. Setiap kelompok diberi LKS sebanyak 2 untuk didiskusikan dengan anggota kelompok. 1 LKS dikumpulkan dan 1 LKS arsip kelompok. (c) postes siswa mengerjakan postes berdasarkan kemampuannya. dan (d) pemberian penghargaan kepada kelompok berdasarkan poin peningkatan setiap kelompok. Pemberian penghargaan kepada siswa berupa sertifikat yang dibuat oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item