Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran permutasi dan kombinasi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMA kelas XI / Devy Retnosari Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran permutasi dan kombinasi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMA kelas XI / Devy Retnosari Dewi

Dewi, Devy Retnosari (2013) Pengembangan lembar kerja siswa untuk pembelajaran permutasi dan kombinasi dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMA kelas XI / Devy Retnosari Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kerja Siswa kontekstual permutasi dan kombinasi Berdasarkan wawancara yang penulis lakukan pada beberapa siswa yang telah mempelajari materi permutasi dan kombinasi mereka menganggap bahwa dalam kehidupan nyata kurang nampak adanya penerapan dari materi permutasi dan kombinasi. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mempelajari materi permutasi dan kombinasi. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan kontekstual karena dengan pendekatan kontekstual menyajikan suatu permasalahan yang dekat dengan kehidupan sehari- hari peserta didik. Selain itu salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran adalah Lembar Kerja Siswa karena LKS memiliki kelebihan yang mendukung proses pembelajaran peserta didik dengan memberikan soal-soal yang dapat digunakan sebagai latihan serta untuk memahami suatu konsep materi yang sedang dipelajari. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS pembelajaran permutasi dan kombinasi dengan pendekatan kontekstual yang valid praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penilaian validator pada setiap aspek lembar validasi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan menunjukkan skor berada pada selang 75%-100% yang termasuk kriteria valid atau sangat valid. Sementara itu hasil uji coba pada kelompok kecil diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan menarik dan peserta didik dapat mengerjakan LKS pada bagian Uji Kompetensi serta memenuhi Standar Ketuntasan Minimal yang ditentukan. Oleh karena itu LKS pembelajaran permutasi dan kombinasi dengan pendekatan kontekstual pada pengembangan ini dapat disimpulkan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15547

Actions (login required)

View Item View Item