Rahmawati, Rizka (2013) Multiple depot vehicle routimh problem with backhauls menggunakan algoritma clark and wright dengan 2-OPT dan penerapannya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Vehicle Routing Problem(VRP) Multiple Depot Vehicle Routing Problem With Backhauls(MDVRPB) Algoritma Clark and Wright 2-Opt. Permasalahan penyediaan barang atau jasa dari depot (pusat distribusi) ke customer yang letaknya tersebar di berbagai tempat atau lokasi merupakan salah satu contoh dari permasalahan distribusi. Letak customer yang tersebar di berbagai tempat seringkali menyebabkan kendaraan menempuh jarak yang jauh sehingga hal tersebut kurang efisien. Salah satu konsep pada teori graph yang dapat diterapkan untuk menyelesaikan masalah ini yaitu VRP sedangkan salah satu pengembangan dari permasalahan VRP yaitu MDVRPB yang merupakan pengembangan dari VRP dengan penambahan kendala dengan kondisi depot sebagai pusat distribusi barang terdapat lebih dari satu dan customer dapat melakukan permintaan berupa pengiriman barang atau berupa pengambilan barang. Permasalahan MDVRPB yang dibahas diselesaikan dengan menggunakan Algoritma Clark and Wright dengan 2-Opt digambarkan dengan suatu graph. Gambar graph tersebut dianggap sebagai peta yang menjelaskan kemungkinan jalur yang dapat dilewati dengan setiap titik mewakili depot dan customer setiap sisi menunjukkan jalan yang menghubungkan antar titik dan setiap bobot pada sisi mewakili jarak antara kedua titik tersebut. Algoritma Clark and Wright yang digunakan yaitu berbasis saving. Secara umum nilai saving didefinisikan sebagai ( ) ( ) ( ) ( ) dimana ( ) adalah jarak dari depot ke customer dan ( ) adalah jarak dari customer ke customer . Pembentukan rute kendaraan dimulai dari customer dan yang memiliki nilai saving terbesar. Setelah diperoleh rute maka akan ada perbaikan tiap rute dengan menggunakan algoritma 2-Opt.Sedangkan penentuan depot yang melayani customer berdasarkan pada perbandingan nilai jarak customer pada depot dan nilai saving terkecil yang mungkin terbentuk pada keseluruhan depot. Berdasarkan empat contoh yang telah dibahas diketahui bahwa Algoritma Clark and Wright dengan 2-Opt yang digunakan menghasilkan jarak tempuh dan rute kendaraan yang minimum karena terdapat perbaikan rute sehingga menghasilkan rute yang optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |