Pembelajaran teorema phytagoras dengan pendekatan inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP semester 1 / Nina Ocktaiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran teorema phytagoras dengan pendekatan inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP semester 1 / Nina Ocktaiana

Ocktiana, Nina (2013) Pembelajaran teorema phytagoras dengan pendekatan inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP semester 1 / Nina Ocktaiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Inkuiri Aktivitas dan Hasil belajar Penelitian ini didasari rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika khususnya pada materi Teorema Phytagoras. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran masih terpusat pada guru sehingga hasil belajar siswa belum memenuhi ketuntasan belajar di sekolah yaitu siswa yang memperoleh nilai 65 masih kurang dari 80%. Adapun data tentang ketuntasan hasil belajar siswa materi Teorema Phytagoras untuk tahun 2007/2008 adalah 74% dan tahun 2008/2009 adalah 66%. Berdasarkan temuan permasalahan tersebut direncanakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran Teorema Phytagoras (2) untuk meningkatkan aktivitas siswa setelah menggunakan pendekatan inkuiri pada materi Teorema Phytagoras kelas VIII semester 1 (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan inkuiri pada materi Teorema Phytagoras kelas VIII semester 1 sehingga dapat mencapai nilai dengan ketuntasan 80%. Penelitian ini mencoba untuk mengatasi permasalahan berikut (1) bagaimana penerapan pendekatan inkuiri dalam pembelajaran Teorema Phytagoras pada siswa kelas VIII semester 1 (2) bagaimana meningkatkan aktivitas siswa setelah menggunakan pendekatan inkuiri pada materi Teorema Phytagoras kelas VIII semester 1 (3) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan inkuiri pada materi Teorema Phytagoras kelas VIII semester 1 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus meliputi perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung Satu Atap tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri dari 33 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut (1) penerapan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dilakukan 6 tahap kegiatan yaitu orientasi merumuskan masalah membuat hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesi dan membuat kesimpulan (2) penerapan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa (3) respon siswa pada pembelajaran dengan pendekatan inkuiri materi Teorema Phytagoras sangat positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15543

Actions (login required)

View Item View Item