Putri, Eka Zulia (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada materi geometri transformasi (Translasi dan Refleksi) kelas XII IPA SMA / Eka Zulia Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Media Pembelajaran Multimedia Transformasi Geometri Kelas XII IPA SMA. Pada sekolah tingkat menengah atas terdapat beberapa materi tertentu yang dianggap sulit oleh siswa. Kesulitan tersebut diakibatkan oleh kurangnya siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Salah satu materi tersebut adalah transformasi geometri yang dipelajari pada kelas XII IPA semester dua. Guru juga memiliki beberapa kendala dalam pengajaran materi ini. Kendala yang dihadapi guru pada proses pembelajaran materi ini adalah waktu. Guru hanya memiliki waktu yang singkat untuk menjelaskan materi transformasi geometri pada siswa sedangkan guru memerlukan waktu yang cukup banyak dalam menjelaskan materi transformasi geometri. Hal tersebut berakibat pada kemampuan siswa dalam memahami materi transformasi geometri. Oleh karena itu materi ini menuntut guru untuk menggunakan media pembelajaran yang praktis dan efisien. Salah satu alternatif ini adalah menggunakan media pembelajaran berbantuan komputer yang diminati oleh siswa adalah animasi. Media pembelajaran yang cocok bagi siswa adalah media pembelajaran yang berbasis multimedia karena multimedia merupakan media yang dapat menggabungkan dua atau lebih unsur yaitu teks grafik suara video dan animasi. Oleh sebab itu skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan suatu paket program media pembelajaran berbasis multimedia pada materi transformasi geometri kelas XII IPA SMA. Pada media pembelajaran ini dijelaskan proses dari transformasi geometri (translasi refleksi). Program yang dihasilkan selanjutnya diintegrasikan dalam CD sehingga dapat digunakan secara umum disekolah atau secara mandiri di rumah. Program media pembelajaran berbasis multimedia ini di uji cobakan kepada ahli materi media dan pengguna. Hasil analasis data dari uji coba ahli materi adalah 91 67% ahli media adalah 75% dan pengguna adalah78 3%. Seluruh hasil uji coba menyatakan bahwa media telah layak digunakan. Tahapan dari pengembangan media pembelajaran ini antara lain (1) pemusatan tujuan media pembelajaran (2) mengumpulkan bahan acuan (3) konsultasi pada ahli materi dan ahli media (4) penulisan naskah rancangan (5) pembuatan media pembelajaran (6) evaluasi (7) uji coba dan (8) revisi. Bagi siswa program ini dapat digunakan sebagai sumber atau media belajar matematika. Sedangkan bagi guru dan tenaga pengajar yang lain program ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik untuk membelajarkan kepada siswa sehingga pembelajaran matematika lebih menyenangkan. Dan bagi peneliti dan praktisi lain program ini dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk pengkajian dan pengembangan lebih lanjut pada materi matematika yang lain sehingga nantinya dihasilkan program-program sejenis yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Dec 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |