Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi geometri untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadin Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi geometri untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadin Malang

As'ad, Imam (2012) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi geometri untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadin Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK As ad Imam. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Askury M.Pd (2) Dr. Hery Susanto M.Si Kata kunci Inkuiri terbimbing hasil belajar matematika Pentingnya belajar matematika sering kali tidak seiring dengan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam belajar matematika. Sehubungan dengan hal itu dalam pelaksanaan proses belajar mengajar guru dituntut untuk memilih metode pembelajaran yang tepat dan efektif serta sesuai dengan materi dan keadaan kelas. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Pembelajaran inkuiri mempunyai karakteristik yang menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di MI Hidayatul Mubtadiin Malang dengan subjek penelitian yaitu 31 siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Malang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran matematika pada materi geometri menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadiin Bumiayu Malang melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing pada penelitian ini merujuk dan memodifikasi langkah-langkah model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dikembangkan oleh Sanjaya (2010) yaitu (1) orientasi (2) merumuskan masalah dan hipotesis (3) mengumpulkan data dan (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai tes siswa masih 66 83 dengan ketuntasan klasikal 73 33% (meningkat 12 04% dari ketuntasan klasikal pra tindakan). Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai tes siswa 71 19 dengan ketuntasan klasikal 80 64% (meningkat 7 31% dari siklus I). Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan respon siswa yang positif terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15535

Actions (login required)

View Item View Item