Nuria, Mutiara Alfu (2012) Pengunaan media manipulatif puzzle untuk memahamkan materi kesebangunan bangun datar bagi siswa kelas V SDN Pamongan 1 Mojo-Kediri / Mutiara Alfu Nuria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci media manipulatif puzzle pemahaman siswa kesebangunan bangun datar Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V SDN Pamongan I pada tanggal 11 Januari 2012 diketahui bahwa nilai 13 dari 28 siswa menjadi nilai terendah di rapornya. Hal ini menunjukkan pemahaman siswa tentang materi matematika masih sangat rendah. Guru kelas V SDN Pamongan juga mengemukakan bahwa rendahnya pemahaman siswa juga terjadi pada materi kesebangunan. Hal ini ditunjukkan ketika guru memberikan soal kesebangunan 16 dari 28 siswa menjawab salah. Rendahnya pemahaman siswa antara lain disebabkan oleh kurangnya antusias siswa di kelas saat belajar. Kurangnya antusias siswa disebabkan oleh guru yang jarang sekali memakai media yang mendukung materi dan menarik minat siswa untuk aktif dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pamongan I Mojo. Tujuan penelitian ini adalah memahamkan materi kesebangunan bangun datar pada siswa kelas V SDN Pamongan I dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan media manipulatif puzzle. Data diperoleh dari hasil pengerjaan soal tes oleh siswa analisis terhadap kesalahan yang dilakukan siswa mencakup kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural saat mengerjakan soal tes hasil observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa dan hasil wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dan didiskusikan sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif puzzle selama enam pertemuan menunjukkan bahwa pada siklus I 71% siswa nilainya telah memenuhi SKM dan pada siklus II 85% siswa nilainya telah memenuhi SKM. Walaupun nilai siswa yang telah mencapai SKM telah memenuhi kriteria keberhasilan telah memenuhi kriteria keberhasilan ternyata pada siklus I siswa belum dikatakan memahami metari kesebanguan bangun datar sebab jumlah siswa yang tidak melakukan kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural belum memenuhi kriteria keberhasilan yaitu sekurang-kurangnya 70% dari jumlah keseluruhan siswa. Kemudian diadakan siklus II sebagai upaya perbaikan dari siklus I. Pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang tidak melkukan kesalahan konseptual dan prosedural telah mencapai 75% dari jumlah keseluruhan siswa sehingga dikatakan pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif puzzle telah berhasil memahamkan siswa pada materi kesebangunan bangun datar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15534 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |