Analisis ketidaktepatan pengungkapan objek matematika pada buku sekolah elektronik matematika SMP kelas VII / Sovan Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis ketidaktepatan pengungkapan objek matematika pada buku sekolah elektronik matematika SMP kelas VII / Sovan Nugroho

Nugroho, Sovan (2012) Analisis ketidaktepatan pengungkapan objek matematika pada buku sekolah elektronik matematika SMP kelas VII / Sovan Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Objek Matematika Buku Teks Buku Sekolah Elektronik (BSE). Program pengadaan buku teks yang diluncurkan pemerintah guna menunjang program pendidikan nasional adalah pengadaan Buku Sekolah Elektronik (BSE). Buku tersebut dapat diunduh secara gratis melalui website Depdiknas. Buku-buku yang dengan mudah dan gratis untuk didapatkan tersebut haruslah juga memiliki kualitas yang bagus. Namun menurut beberapa sumber buku sekolah elektronik yang beredar saat ini kualitasnya di bawah standar nasional. Rendahnya kualitas buku BSE dapat ditemui mulai dari yang bersifat kegrafikaan hingga yang bersifat substansial. Kesalahan substansial bisa dilihat pada salah satu buku Ekonomi SMA dimana terjadi kesalahan yang sangat fatal. Untuk itu perlu diadakan penelitian secara khusus terkait kualitas buku BSE khususnya mata pelajaran Matematika sehingga kesalahan-kesalahan konsep pada buku tersebut dapat diketahui dan dapat digunakan sebagai antisipasi terjadinya misskonsepsi bagi pembaca. Objek Matematika merupakan objek pikiran yang bersifat langsung ataupun tidak langsung yang mengarahkan seseorang baik siswa ataupun individu lain untuk belajar matematika. Objek langsung matematika terdiri dari fakta keterampilan konsep dan prinsip. Sedangkan objek taklangsung matematika antara lain transfer pengetahuan kemampuan menyelidiki kemampuan dalam problem-solving ketertiban diri dan apresiasi terhadap struktur matematika. Salah satu kriteria dalam mengevaluasi suatu buku teks matematika adalah apakah objek matematika (fakta keterampilan konsep dan prinsip) telah disajikan dengan tepat atau belum. Hasil analisis yang dilakukan terhadap empat pokok bahasan materi pada salah satu Buku Sekolah Elektronik matapelajaran Matematika menunjukkan bahwa terdapat 115 ketidaktepatan dan kekuranglengkapan dalam penyajian objek Matematika serta karakteristik Matematika. Ketidaktepatan dan kekuranglengkapan yang paling banyak adalah pemberian ilustrasi yang kurang sesuai dengan definisi konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15533

Actions (login required)

View Item View Item