Khoirudin, Ahmad (2012) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi persamaan lingkaran untuk siswa SMA kelas XI semester 1 / Ahmad Khoirudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media interaktif pembelajaran berbasis komputer persamaan lingkaran kelas XI SMA Pengembangan ini dilatarbelakangi adanya beberapa siswa SMAN 9 Malang yang mengalami kesulitan memahami materi persamaan lingkaran. Materi persamaan lingkaran menuntut adanya kemampuan visualisasi dalam menemukan rumus persamaan lingkaran tersebut sehingga diperlukan suatu media interaktif berbasis komputer yang mendukung aktivitas visual siswa. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer ini menggunakan model pengembangan media Alessi dan Trollip yang terdiri dari 10 langkah yaitu 1) menentukan kebutuhan dan tujuan 2) mengumpulkan bahan acuan 3) mempelajari isi 4) membangkitkan ide 5) mendesain pembelajaran 6) membuat flowchart media membuat storyboard pada kertas 8) memprogram materi 9) membuat materi pendukung dan 10) mengevaluasi dan merevisi. Media ini dibagi menjadi 4 bagian utama yaitu pengantar materi simulasi dan latihan. Bagian pengantar menyajikan petunjuk penggunaan media dan kompetensi yang ingin dicapai. Bagian materi mengarahkan siswa menemukan rumus persamaan lingkaran kedudukan titik terhadap lingkaran dan kedudukan garis terhadap lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Bagian simulasi menyajikan simulasi-simulasi tentang penerapan rumus yang telah ditemukan siswa pada bagian materi. Bagian latihan menyajikan soal-soal untuk mengukur ketercapaian indikator pembelajaran. Media ini telah divalidasi oleh ahli media ahli materi dan diujicobakan kepada 8 siswa kelas X yang belum menerima materi persamaan lingkaran. Hasil analisis data dari sisi media memperoleh persentase nilai 99 6% yang menunjukkan bahwa media ini termasuk dalam kategori valid hasil analisis data dari sisi materi memperoleh persentase 97 2% yang menunjukkan bahwa media ini juga termasuk dalam kategori valid dan hasil analisis data uji coba media memperoleh persentase 81 2% yang menunjukkan bahwa menurut siswa media ini menarik mudah dioperasikan dan memudahkan siswa memahami materi persamaan lingkaran. Secara keseluruhan dari analisis data ahli media ahli materi dan uji coba diperoleh persentase 92 67% yang menunjukkan bahwa media ini valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Media ini dapat digunakan siswa dalam memahami materi persamaan lingkaran secara individu. Bagi guru media ini dapat digunakan dalam pembelajaran materi persamaan lingkaran. Sedangkan bagi pengembang lain media ini dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15532 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |