Upaya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VIIC SMPN 16 Malang / Siti Asmuah

Asmuah, Siti (2012) Upaya peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VIIC SMPN 16 Malang / Siti Asmuah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: Realistic Mathematics Education (RME), hasil belajar Berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VII C dan siswa kelas VII C SMPN 16 Malang, metode yang sering digunakan guru pada pembelajaran matematika adalah metode ceramah dilanjutkan dengan pengerjaan soal-soal. Karakter siswa yang sulit mengikuti pembelajaran, membuat pembelajaran matematika menjadi tidak bermakna, sehingga siswa masih menggunakan hafalan sebagai solusi belajar mereka. Hasil analisis ulangan harian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Dari 46 siswa yang sudah mengikuti ulangan terdapat 39,13% siswa yang dinyatakan tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan RME untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 16 Malang pada materi garis dan sudut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 16 Malang yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Peneliti menggunakan skor tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pada siklus I persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 71,74% atau sebanyak 33 siswa, sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 86,96% atau sebanyak 40 siswa, dengan skor rata-rata kelas naik dari 75,39 (untuk skor tes siklus I) menjadi 80,59 (untuk skor tes siklus II). Menurut ketuntasan pembelajaran yang diterapkan di SMPN 16 Malang, pelaksanaan pembelajaran dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat skor minimal 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII C SMPN 16 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15531

Actions (login required)

View Item View Item