Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan masalah kontekstual untuk siswa SMA kelas X materi logika / Dia Rini Pristyanti

Pristyanti, Dia Rini (2012) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan menggunakan masalah kontekstual untuk siswa SMA kelas X materi logika / Dia Rini Pristyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Masalah Kontekstual, Logika. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X SMAN 9 Malang mengenai materi Logika, ternyata siswa belum memahami konsep-konsep Logika. LKS yang digunakan siswa kurang menarik dan cenderung langsung memberikan permasalahan-permasalahan formal tanpa mengawali dengan kehidupan di sekitar siswa. Pengintegrasian konteks ke dalam LKS akan sangat membantu siswa dalam mengkonstruk pemahaman terhadap konsep matematika. Materi Logika merupakan materi yang baru bagi siswa SMA kelas X, sehingga akan lebih baik jika guru memulai penjelasan tentang materi ini dengan masalah kontekstual yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan dari pengembangan ini adalah tersusunnya LKS menggunakan masalah kontekstual pada materi Logika untuk SMA kelas X. Pengembangan lembar kerja siswa ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal, (2) pengembangan rancangan LKS, (3) penyusunan LKS, dan (4) penilaian LKS. LKS hasil pengembangan divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan 2 guru matematika SMA. Setelah itu, LKS diujicobakan kepada 6 siswa kelas X SMA. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase aspek kontekstual 80% dan aspek praktis 88%. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, siswa dapat mengerjakan cek pemahaman yang diberikan dengan perolehan nilai yang telah memenuhi SKM yang ditentukan, yaitu 75. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, karena telah memenuhi aspek kontektual, praktis, dan telah disusun sesuai dengan kemampuan siswa. Saran untuk pengembangan LKS selanjutnya diharapkan mengembangkan LKS kontekstual pada materi lainnya. Selain itu diharapkan LKS hasil pengembangan ini diterapkan pada proses belajar mengajar siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item