Pengembangan panduan konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing untuk mengurangi perilaku seksual pranikah siswa SMK - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing untuk mengurangi perilaku seksual pranikah siswa SMK

Nadiarenita, Agrery Ayu (2021) Pengembangan panduan konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing untuk mengurangi perilaku seksual pranikah siswa SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku seksual pranikah merupakan perilaku yang mengarah pada hubungan layaknya suami istri yang disertai oleh dorongan nafsu seksual yang menggebu-gebu. Aktivitas seksual yang dilakukan oleh remaja saat ini sudah mengarah pada domain tindakan yang berhubungan erat dengan orang lain seperti berciuman bibir oral sex petting dan sexual intercourse. Perilaku seksual pranikah yang dilakukan oleh remaja menjadi tanggung jawab bersama praktisi pendidikan. Guru Bimbingan dan Konseling di sekolah memiliki fungsi strategis untuk membantu siswa mencapai perkembangan yang optimal dalam berperilaku. Konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing dipandang mampu untuk mengurangi perilaku seksual pranikah. Tujuan konseling cognitive behavior modification adalah membantu siswa menemukan pemahaman diri dalam berperilaku yang adaptif melalui eksplorasi diri perubahan perilaku berdasarkan hasil proses kognitif dan menerapkan serta memelihara perilaku baru. Pada masa pandemi Covid-19 ini dilakukan pembatasan kegiatan pembelajaran di sekolah termasuk interaksi antara Guru bimbingan dan konseling dengan siswa. Expressive writing menjadi teknik yang memberikan kenyamanan bagi siswa untuk mengekspresikan pikiran perasaan dan perilakunya dengan mengurangi interaksi secara verbal dengan Guru bimbingan dan konseling. Berdasarkan need assessment yang dilakukan di sekolah dapat disimpulkan bahwa belum ada panduan konseling yang dikembangkan dan digunakan oleh sekolah dalam rangka mengurangi perilaku seksual pranikah. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan panduan konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing untuk mengurangi perilaku seksual pranikah Siswa SMK yang memenuhi akseptabilitias teoritis dan praktis dari segi kegunaan ketepatan kemenarikan kemudahan dan kepatutan. Metode Penelitian dan Pengembangan menggunakan adaptasi model Borg and Gall dengan sembilan langkah pada penelitian. Modifikasi model penelitian dan pengembangan Borg and Gall (1983) sebagai berikut (1) Melakukan studi pendahuluan dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan produk (4) Uji ahli (5) Revisi produk tahap I (6) Uji calon pengguna (7) Revisi produk tahap II (8) Uji lapangan (9) Penyempurnaan produk akhir. Adapun uji lapangan menggunakan desain eksperimen one group pre test-post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket wawancara skala perilaku seksual pranikah dan rubrik expressive writing. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah inter-rater agreement (Gregory 2014) untuk menganalisis hasil penilaian uji ahli materi media dan calon pengguna. Data uji lapangan dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Sedangkan rubrik expressive writing dianalisis menggunakan model Miles and Huberman (dalam Sugiono 2010). Hasil uji ahli materi menunjukkan bahwa produk memiliki indeks validitas yang sangat tinggi yaitu 1 sehingga panduan konseling telah memenuhi kriteria keberterimaan produk dan relevan digunakan oleh guru bimbingan dan konseling. Penilaian ahli media menunjukkan indeks validitas 0 75 dimana dari 24 butir penilaian terdapat 6 butir penilaian yang mendapatkan relevansi tinggi dari ahli 1 dan relevaansi rendah dari ahli 2 yaitu 2 butir penilaian pada aspek ketepatan 3 butir penilaian pada aspek kemenarikan dan 1 butir penilaian pada aspek kepatutan. Berdasarkan ahli media produk panduan konseling dapat digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dengan beberapa revisi oleh peneliti. Keberterimaan secara praktis dilakukan melalui uji calon pengguna dan uji lapangan. Hasil penilaian calon pengguna menunjukkan indeks validitas 1 sehingga produk sudah layak digunakan di sekolah untuk mengurangi perilaku seksual pranikah. Hal tersebut juga didukung oleh data hasil uji lapangan. Berdasarkan uji wilcoxon menggunakan SPSS 21 nilai signifikansi (2 ndash tailed) sebesar 0.028 yang mana berarti bahwa konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing efektif menurunkan perilaku seksual pranikah siswa SMK. Saran pemanfaatan bagi guru bimbingan dan konseling adalah mempelajari dengan baik produk pengembangan dan menggunakan peer review ketika mengimplementasikan panduan konseling di sekolah. Selain itu sebagai guru bimbingan dan konseling disarankan untuk selalu memperbaruhi pengetahuan mengenai perilaku seksual pranikah yang dilakukan oleh siswa sehingga akan menambah khasanah keilmuan. Bagi pengembang selanjutnya panduan konseling dapat dilakukan uji efektivitas panduan di sekolah lain yang memiliki permasalahan berkaitan dengan perilaku seksual pranikah untuk memperkuat bukti keefektifan produk ini dan penggunaan pendekatan konseling individual pada penerapan konseling cognitive behavior modification berbantu expressive writing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 07:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/155246

Actions (login required)

View Item View Item