Penerapan teori vanhiela berbantuan sedotan dan mika untuk memahamkan siswa kelas V tentang bangun ruang di SD Sawentar 01 Blitar / Nina Rinda Prihartiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teori vanhiela berbantuan sedotan dan mika untuk memahamkan siswa kelas V tentang bangun ruang di SD Sawentar 01 Blitar / Nina Rinda Prihartiwi

Prihartiwi, Nina Rinda (2012) Penerapan teori vanhiela berbantuan sedotan dan mika untuk memahamkan siswa kelas V tentang bangun ruang di SD Sawentar 01 Blitar / Nina Rinda Prihartiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran menurut teori van Hiele bangun ruang pemahaman Berdasarkan hasil kuis yang disebarkan kepada siswa kelas V SD Sawentar 01 Blitar peneliti memperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang belum dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang. Wawancara yang dilakukan peneliti dengan wali kelas V diketahui bahwa pembelajaran tidak menggunakan model bangun ruang namun guru sudah mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari seperti contoh balok adalah almari dan contoh kubus adalah kotak kapur dan pembelajaran yang dilakukan selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah karena menurut guru jika siswa berkelompok siswa lebih banyak mengobrol daripada mengerjakan tugas yang diberikan. Oleh karena itu diadakan penelitian untuk memahamkan siswa tentang sifat-sifat bangun menggunakan model konkret. Peneliti memilih membuat media bangun ruang yang terbuat dari sedotan dan mika karena kedua bahan tersebut mudah didapat murah tidak berbahaya bagi siswa dan memiliki banyak warna sehingga menarik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi (pengamatan catatan lapangan studi dokumenter dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Sawentar 01 yang berjumlah 24 dengan banyaknya siswa laki-laki 11 dan siswa perempuan 13. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus tiap siklus meliputi (1) perencanaan (2) tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menurut teori van Hiele menggunakan sedotan dan mika dapat memahamkan sifat-sifat bangun ruang pada siswa. Hal ini terlihat pada pemahaman konsep siswa pada materi sifat-sifat bangun ruang meningkat sebanyak 1 68% dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata skor mengalami peningkatan sebesar 1 17 dan 2 dari 3 siswa yang pada siklus 1 masih belum tuntas mencapai SKM pada siklus 2. Dari hasil penelitian ini maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran sifat-sifat bangun ruang dengan media sedotan dan mika sangat bermanfaat dalam memahamkan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item