Karunia, Nevy (2012) Penggunaan bahan manipulatif potongan kertas buffalo sesuai teori dienes untuk memahamkan penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ardirejo 1 Kepanjen / Nevy Karunia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pecahan Bahan Manipulatif Pemahaman Berdasarkan hasil wawancara dan temuan peneliti bahwa pemahaman siswa mengenai materi pecahan masih kurang. Hal ini ditandai dengan hasil pekerjaan siswa yang menunjukkan bahwa siswa kesulitan dalam membandingkan pecahan dan hasil wawancara bahwa siswa kesulitan dalam menjumlahkan pecahan yang penyebutnya sama. Hal ini karena metode yang sering digunakan adalah metode ceramah. Padahal pada tahap operasional konkrit masih diperlukan benda-benda konkrit untuk mengenalkan materi pecahan untuk menjumlahkan dan mengurangkan pecahan. Terlebih pengunaan bahan manipulatif juga didukung oleh beberapa teori salah satunya teori Dienes. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan upaya untuk memahamkan penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui bahan manipulatif potongan kertas buffalo sesuai teori Dienes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran sesuai teori Dienes dengan menggunakan bahan manipulatif terkait pemahaman siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan manipulatif pada penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi (1) hasil tes (2) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi dan (3) hasil wawancara dengan subjek wawancara. Langkah-langkah pembelajaran sesuai teori Dienes menggunakan bahan manipulatif potongan kertas buffalo yang memahamkan penjumlahan dan pengurangan pecahan yaitu (1) permainan bebas siswa menyelesaikan LKS dengan memanipulasi potongan kertas buffalo dengan cara mengarsir menggunting dan menempelkan potongan kertas buffalo (2) penelaahan sifat bersama siswa dibimbing untuk menemukan pola penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui tanya jawab yang dilakukan peneliti dengan siswa (3) penyimbolan peneliti membantu siswa menuliskan pola yang diperoleh dalam bentuk simbol agar memudahkan siswa membuat pernyataan mengenai penjumlahan dan pengurangan pecahan (4) representasi siswa dibimbing untuk dapat mengungkapkan cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan sesuai dengan pola yang didapatkan dan simbol yang dituliskan dan (5) pemformalan siswa diarahkan pada rumus umum untuk penjumlahan dan pengurangan pecahan secara implisit baik penyebut sama maupun penyebut yang berbeda. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada siklus I belum memenuhi kriteria yaitu pada persentase siswa yang mendapatkan nilai 8805 70 masih 66% atau 31 siswa yang tidak ditemui kesalahan konseptual sebesar 64% atau 30 siswa dan siswa yang tidak ditemui kesalahan prosedural sebesar 68% atau 32 siswa tetapi pada siklus II mampu memenuhi kriteria keberhasilan. Pada siklus II terdapat 42 siswa yang mendapat nilai 8805 70 dengan nilai rata-rata kelas 84 siswa yang tidak ditemui kesalahan konsep sebesar 87% atau 41 siswa siswa yang tidak ditemui kesalahan prosedural sebesar 72% atau 34 siswa. Hasil dari lembar observasi siswa sebesar 77% dengan kategori baik dan hasil dari lembar observasi guru sebesar 77% dengan kategori baik . Oleh karena itu penggunaan bahan manipulatif potongan kertas buffalo sesuai teori Dienes dapat memahamkan penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas IV SDN Ardirejo 1 Kepanjen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |