Memahamkan materi perkalian pecahan dengan menggunakan media manipulatif berbahan kertas Bufalo pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kromasan Tulungagung / Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Memahamkan materi perkalian pecahan dengan menggunakan media manipulatif berbahan kertas Bufalo pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kromasan Tulungagung / Yunita

Yunita (2012) Memahamkan materi perkalian pecahan dengan menggunakan media manipulatif berbahan kertas Bufalo pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kromasan Tulungagung / Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Materi perkalian media manipulatif pemahamnan siswa Berdasarkan hasil pengamatan pemberian soal awal dan wawancara di SD Negeri 1 Kromasan diketahui bahwa pemahaman siswa kelas V untuk materi perkalian pecahan masih rendah. Hal ini didukung dengan penjelasan guru matematika SD tersebut yang menyebutkan bahwa pembelajaran yang dilakukan guru adalah dengan metode ceramah dan bahan ajar yang diberikan untuk siswa hanya bersumber dari buku paket saja. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media manipulatif berbahan kertas bufalo. Dalam pembelajaran peneliti mengembangkan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan teori Dienes. Namun peneliti menyederhakan langkah-langkah tersebut menjadi empat langkah yaitu (1) permainan bebas (2) penelaahan sifat bersama dan representasi (3) penyimbulan (4) pemformalan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Subjek pembelajaran adalah kelas V SD Negeri Kromasan. Penelitian diadakan pada bulan Mei 2012. Analisis data diperoleh dari hasil dokumen nilai siswa pada semester sebelumnya hasil nilai tes siswa ditiap akhir siklus wawancara dan hasil pengamatan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran untuk memahamkan materi perkalian pecahan menggunakan media manipulative berbahan kertas bufalo pada siswa kelas V SD NegerI 1 Kromasan Tulungagung.(2)mendeskripsikan pemahaman siswa kelas V SD Negeri 1 Kromasan Tulungagung setelah dilakukan pembelajaran menggunkan media manipulative kertas bufalo. Peneliti mengadopsi langkah-langkah pembelajarkan yang dikemukakan oleh Dienes namun peneliti menyederhanakannya menjadi (a) permainan bebas siswa bersama kelompok melakukan pengamatan terhadap media manipulative yang telah diberikan peneliti untuk menyelesaikan soal-soal pada LKS (b) penelaahan sifat bersama dan representasi siswa dibimbing guru untuk menemukan konsep dan mempresentasikan pemahaman yang didapat dari tahap sebelumnya (c) penyimbolan siswa dibimbing guru untuk dapat menyatakan pemahamannya dalam bentuk symbol dan (d) pemformalan siswa dapat menarik kesimpulan dan mengungkapkannya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai kelas sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal 60% dan persentase yang melakukan kesalahan konseptual 63.34% procedural 53 33% dan kalkulasi 33 33%.Meskipun rata-rata nilai kelas di atas KKM namun ketuntasan klasikal dan presentase siswa yang melakukan kesalahan masih belum memenuhi kriteria 7 yang ditetapkan peneliti sehingga dilanjutkan untuk diadakannya siklus II. Pada siklus II materi yang diajarkan adalah materi lanjutan dari siklus I dan diperoleh hasil rata-rata nilai kelas 80 13 dengan ketuntasan klasikal 79 31% dan presentase yang melakukan kesalahan konseptual 27 59% procedural 24 2% dan kalkulasi 27 59%. Hasil siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan. Berdasar hasil penemuan pada penelitian ini beberapa saran ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran sebagai berikut (1) penggunaan media manipulative memerlukan persiapan yang matang agar memperoleh pemahaman siswa yang maksimal dan merata (2) memperhitungkan waktu agar pembelajaran berjalan dengan efektif (3) mempersiapkan lembar kerja secara rinci sehingga mampu membimbing siswa dalam menemukan konsep (4) memperhatikan pengetahuan awal siswa dengan mengecek kemampauan siswa terhadap materi prasyarat .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item