Pengembangan media pembelajaran edutainment pada materi dimensi tiga untuk kelas X SMA / Rahmadian Aji Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran edutainment pada materi dimensi tiga untuk kelas X SMA / Rahmadian Aji Saputra

Saputra, Rahmadian Aji (2012) Pengembangan media pembelajaran edutainment pada materi dimensi tiga untuk kelas X SMA / Rahmadian Aji Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media pembelajaran edutainment dimensi tiga flash. Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) terdapat beberapa materi dalam mata pelajaran matematika yang dapat dikategorikan sebagai materi yang membutuhkan usaha dan waktu lebih untuk menguasainya. Materi dimensi tiga merupakan salah satu materi yang termasuk dalam kategori tersebut yang diajarkan di kelas X SMA. Oleh karena itu diperlukan suatu media pendukung pembelajaran bagi siswa yang dapat digunakan untuk menyajikan isi materi pembelajaran serta dapat memberikan hiburan yang membuat siswa merasa lebih antusias dan tertarik belajar matematika. Salah satu dari media tersebut berupa media pembelajaran edutainment. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran edutainment pada materi dimensi tiga untuk kelas X SMA. Prosedur pengembangan media ini adalah (1) pengumpulan data (2) desain produk (3) validasi desain (4) ujicoba produk (5) revisi produk (6) ujicoba pengguna (7) revisi produk akhir. Data yang diperoleh dari hasil ujicoba dianalisa menggunakan teknik analisa data prosentase. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. Penelitian dilakukan dengan mengambil semua siswa kelas X-H SMA Negeri 1 Bangil sebagai sampel seorang dosen jurusan matematika Universitas Negeri Malang dan seorang guru komputer SMA Negeri 1 Bangil untuk mengetahui kelayakan produk yang dihasilkan. Dari hasil penelitian diperoleh (1) dari tiga kali uji coba oleh ahli materi diperoleh hasil akhir 95% dengan revisi penambahan keterangan pada gambar dan pengurutan tingkat kesulitan soal (2) dari uji coba oleh ahli media diperoleh hasil 93 75% dengan revisi ukuran font penggunaan warna serta susunan petunjuk penggunaan media dan (3) dari hasil ujicoba pengguna (siswa) diperoleh 81%. Tiga materi utama dalam media pembelajaran edutainment pada materi dimensi tiga untuk kelas X SMA yang dihasilkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS3 yaitu (1) melukis irisan kubus (2) melukis irisan prisma (3) melukis irisan limas. Pada media ini juga disertai uji pemahaman yang dapat digunakan sebagai latihan oleh siswa. Selain itu pada media ini disertai dengan musik dan animasi menarik. Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran edutaintment yang dihasilkan dapat digunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri. Siswa dapat menentukan sendiri apa yang hendak dilakukan. Selain itu media pembelajaran edutaintment yang dihasilkan ternyata juga dapat digunakan oleh guru untuk

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item