Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang / Widya Chandra Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang / Widya Chandra Pratiwi

Pratiwi, Widya Chandra (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang / Widya Chandra Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Teams Games Tournament (TGT) aktivitas belajar hasil belajar Berdasarkan data yang dihimpun diketahui bahwa siswa kelas VIII H SMPN 8 Malang memiliki aktivitas dan hasil belajar yang masih rendah. Permasalahan ini memotivasi peneliti untuk melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VIII H SMPN 8 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas VIII H SMPN8 Malang. Penelitian diadakan pada tanggal 27 Maret 2012 sampai 6 April 2012. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah materi Prisma. Analisis data diperoleh dari data nilai siswa pada ujian sebelumnya hasil validasi hasil observasi dan nilai tes hasil belajar siswa. Data temuan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa sebesar 53 49 % dan belum memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan yaitu 70%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 37 21% dan belum memenuhi kriteria keberhasilan yang diharapkan yaitu 70%. Pada siklus II persentase aktivitas belajar sebesar 81 40% dan persentase ketuntasan belajar sebesar 83 72% sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penemuan pada penelitian ini maka langkahlangkah TGT yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar adalah (a) presentasi kelas guru mempresentasikan materi dengan menggunakan alat peraga (b) Kerja tim siswa dibagi kedalam 9 tim yang terdiri dari 4-5 siswa yang heterogen. Setiap tim dibagikan LKS yang berisi soal-soal untuk menemukan konsep mengenai prisma dan soal latihan yang bervariasi serta mengerjakannya secara berdiskusi (c) games turnamen setiap meja turnamen diberikan kartu soal yang berisi pertanyaan mengenai materi prisma dengan 3 soal yang mempuyai tingkat kesukaran mudah 4 soal dengan tingkat kesukaran sedang dan 3 soal dengan tingkat kesukaran sulit dan (d) Penghargaan tim penghargaan diberikan kepada tim yang memiliki tingkat skor tertinggi pada saat tahap games turnamen. Penghargaan berupa piagam penghargaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15520

Actions (login required)

View Item View Item