Fuadiyah, Qoni Atul (2012) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis komputer untuk materi dimensi Tiga pada pembelajaran Matematika SMA kelas X / Qoni Atul Fuadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan media pembelajaran berbasis komputer dimensi tiga. Pelaksanaan KTSP telah mengubah tata cara pembelajaran yang ada di sekolah. Selama ini guru cenderung menggunakan model pengajaran konvensional di mana guru hanya sekedar memberikan informasi atau transfer ilmu dan siswa menerimanya. Model pembelajaran konvensional yang identik dengan ceramah terbukti di dalam pelaksanaannya tidaklah menjadikan keberhasilan belajar bagi siswa. Dengan penerapan KTSP maka membuat tata cara pembelajaran harus berubah. Menurut Imron (1996 29) terdapat 5 unsur dinamis dalam belajar salah satunya adalah alat bantu belajar. Dengan alat bantu belajar tersebut bahan belajar yang abstrak bisa dikonkritkan dan bahan belajar yang tidak menarik bisa menjadi menarik. Oleh karena itu diperlukan alat bantu (media) pembelajaran yang menarik yang nantinya bisa menjadikan siswa aktif dan senang untuk belajar salah satunya adalah dengan menggunakan media komputer. Saat ini komputer telah banyak digunakan dalam semua sektor kehidupan manusia tak terkecuali juga pada sektor pendidikan sehingga komputer dapat dikatakan sebagai salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu media pembelajaran berbasis komputer merupakan alat yang dapat dijadikan sarana untuk menyampaikan materi pelajaran pada siswa dengan mengoptimalkan peran komputer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Trajuningsih (2007 51) terhadap tiga siswa kelas V SD dinyatakan bahwa siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan komputer lebih senang dan lebih termotivasi dalam belajar sehingga siswa lebih paham dan mengerti tentang materi yang disampaikan. Ini menandakan bahwa pembelajaran dengan media berbasis komputer lebih optimal. Selain itu menurut Clements (1989 267-268) dalam Amalia (2011) menjelaskan bahwa pembelajaran dengan berbantuan komputer dapat membuat konsep matematika (khususnya geometri) yang abstrak dan sulit menjadi lebih konkret dan jelas. Ilmu Matematik yang sering disebut The Queen of science perkembangannya tidak tergantung pada ilmu lain. Banyak ilmu yang penemuan dan pengembangannya bersumber dari matematika. Matematika merupakan ilmu abstrak yang kadang memerlukan perhitungan yang kompleks. Kenyataan-kenyataan ini diduga menjadikan sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika sejak awal mempelajarinya. Salah satu pokok bahasan pada matapelajaran matematika yang diajarkan di SMA/MA sebagai penunjang Kurikulum KTSP adalah materi Dimensi Tiga. Menurut wawancara yang dilakukan pengembang konsep Dimensi Tiga dianggap cukup sulit karena siswa merasa kebingungan dalam membayangkan/ merealisasikan jarak pada bangun ruang hal ini didasari dari banyaknya siswa yang kurang memenuhi standar kompetensi minimal pada konsep dimensi tiga. Hal hal di atas melatarbelakangi pengembang untuk melakukan pengembangan media pembelajaran dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer untuk Materi Dimensi Tiga pada Pembelajaran Matematika di SMA kelas X Pengembang memilih media pembelajaran pada pokok bahasan Dimensi Tiga karena materi tersebut merupakan salah satu pokok bahasan yang memerlukan pemahaman konsep yang kuat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |