Proses interaksi berfikir dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas VIII b semester II SMPN 1 Malang / Prima Adityastuti Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses interaksi berfikir dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas VIII b semester II SMPN 1 Malang / Prima Adityastuti Susanti

Susanti, Prima Adityastuti (2012) Proses interaksi berfikir dalam pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) siswa kelas VIII b semester II SMPN 1 Malang / Prima Adityastuti Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci proses interaksi berpikir numbered heads together (NHT) Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Agar proses pembelajaran lebih bermakna dan bervariasi maka perlu diterapkan metode pembelajaran kooperatif. Meskipun pembelajaran kooperatif telah banyak dilakukan namun belum dianalisis proses terjadinya interaksi berpikir siswa ketika diskusi berlangsung. Analisis interaksi berpikir diperlukan untuk mengetahui bagaimana siswa mengonstruksi pengetahuan melalui interaksi dengan siswa yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses interaksi berpikir siswa dalam mengonstruksi rumus luas permukaan dan volume limas serta memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi tersebut pada pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Malang. Subjek penelitian adalah 4 siswa dari kelas VIII B yang memiliki kemampuan berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Terdapat tiga tahap dalam pengambilan data. Pertama peneliti melakukan wawancara dengan subjek sebelum diadakan pembelajaran. Kedua peneliti merekam pembicaraan subjek pada kegiatan heads together. Terakhir peneliti melakukan wawancara dengan subjek setelah diadakan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kegiatan heads together terjadi interaksi multiarah antar anggota kelompok serta LKS sebagai media pembelajaran. Siswa berkemampuan tinggi berinteraksi dengan memberikan bantuan kepada teman diskusinya dan kadang juga menerima pengetahuan dari siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah. Siswa berkemampuan sedang cenderung seimbang antara bertanya dan menjawab pertanyaan. Sedangkan siswa yang berkemampuan rendah cenderung pasif dan berinteraksi dengan teman diskusinya hanya untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dimengerti. Penelitian ini masih terbatas pada pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pada materi luas permukaan dan volume limas oleh karena itu masih perlu diadakan penelitian lagi tentang proses interaksi berpikir siswa dengan metode pembelajaran dan konsep matematika lainnya. Selain itu perlu diperhatikan juga interaksi siswa dengan guru atau interaksi siswa dengan siswa lain dalam kelompok yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item View Item