Pengembangan media pembelajaran dengan pendekatan savi pada materi barissan dan deret kelas xii IPS SMA/MA / Nur Ainiyah

Ainiyah, Nur (2012) Pengembangan media pembelajaran dengan pendekatan savi pada materi barissan dan deret kelas xii IPS SMA/MA / Nur Ainiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: media pembelajaran, pendekatan SAVI, barisan dan deret Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika pada saat PPL di SMAN 2 Malang, materi barisan dan deret merupakan materi yang sulit bagi siswa, terutama materi deret geometri tak hingga. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa LKS yang berisi permasalahan-permasalahan formal tanpa diawali dengan permasalahan nyata bagi siswa. Pembelajaran dengan pendekatan SAVI merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan pada materi barisan dan deret sehingga proses belajar dapat berlangsung melalui proses somatis, auditori, visual, dan intelektual. Oleh karena itu, tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini adalah menghasilkan media pembelajaran dengan pendekatan SAVI pada materi barisan dan deret kelas XII IPS SMA yang valid dan praktis. Pengembangan media pembelajaran ini merujuk pada prosedur pengembangan yang meliputi (1) analisis situasi awal; (2) merancang media pembelajaran; (3) menyusun media pembelajaran dan (4) validasi media pembelajaran. Hasil pengembangan media pembelajaran divalidasi oleh 3 validator yang terdiri dari 1 dosen matematika dan dua guru matematika MAN Kembangsawit Madiun. Kemudian media pembelajaran diujicobakan kepada 6 siswa kelas XII IPS SMA. Media pembelajaran yang dikembangkan merupakan gabungan dari 2 jenis media, yaitu media cetak berupa LKS dan media audio visual berupa video. LKS dan video ini saling berkaitan karena terdapat sub judul pada LKS yang dikerjakan berdasarkan video yang ditayangkan. Sub-sub judul pada LKS disesuaikan dengan karakteristik dan tahap-tahap pembelajaran SAVI, yaitu: (1) tahukah kamu, yang berisi informasi awal dan merupakan tahap persiapan; (2) bioskop mini, yang berisi pertanyaan berkaitan dengan video yang ditayangkan dan memuat karakteristik auditori dan visual serta tahap penyampaian; (3) lab mini, yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan siswa untuk menemukan rumus pada materi barisan dan deret. Karakteristik yang termuat dalam sub judul ini adalah somatis dan visual serta tahap penyampaian; (4) cek pemahaman, yang berisi soal-soal tentang barisan dan deret yang bersifat rutin dan mencerminkan karakteristik intelektual dan tahap pelatihan; (5) asah otak, yang berisi soal-soal tentang barisan dan deret yang sifatnya tidak rutin dan memuat karakteristik intelektual serta tahap penampilan hasil. Berdasarkan hasil penilaian validator pada tiap poin lembar validasi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dengan persentase 81,94 % dan praktis dengan kriteria dapat digunakan dengan sedikit revisi. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran pada kelompok kecil, diperoleh kesimpulan bahwa siswa dapat mengerjakan soal pada cek pemahaman dengan perolehan nilai yang memenuhi SKM yang ditentukan. ii Media pembelajaran hasil pengembangan ini diharapkan dapat diterapkan pada proses belajar mengajar siswa kelas XII IPS SMA/MA secara luas, tidak hanya terbatas pada kelompok kecil. Pengembangan media pembelajaran dengan pendekatan SAVI ini hanya terbatas pada materi barisan dan deret, sehingga diharapkan adanya pengembangan media pembelajaran dengan pendekatan SAVI untuk materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15514

Actions (login required)

View Item View Item