Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran / Nathasa Pramudita Irianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran / Nathasa Pramudita Irianti

Irianti, Nathasa Pramudita (2012) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran / Nathasa Pramudita Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Moodle Lingkaran Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi (TI) yang semakin pesat mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. E-Learning membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital. Dengan E-Learning berbasis moodle pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan rancangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran (2) mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran. Prosedur penelitian ini adalah (1) Menetapkan mata pelajaran yang akan dikembangkan (2) Mengidentifikasi kurikulum mata pelajaran yang akan dikembangkan (3) Tahap proses pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran dengan model pengembangan Dick and Carey yang diambil sesuai dengan kebutuhan pengembangan media pembelajaran (4) Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis moodle dan (5) Uji coba produk dan revisi produk pengembangan. Teknik analisis data yang diperoleh pada tahap pengumpulan data dengan instrumen penumpulan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data presentase. Instrumen dalam penelitian berupa lembar validasi dan angket. Uji validasi media dilakukan oleh dosen jurusan matematika Universitas Negeri Malang. Sedangkan untuk uji validasi materi dipilih dari dua guru matematika di SMPN 1 Gedeg. Untuk uji terbatas pengguna dilakukan di SMPN Gedeg dengan mengambil sampel sebanyak 36 siswa dari kelas VIIIF. Dari uji validasi tersebut validator media memberikan presentase kelayakan sebesar 67 5% dengan beberapa revisi. Sedangkan ahli materi memberikan persentase kelayakan sebesar 84 2% dengan revisi pada tampilan gambar. Untuk uji terbatas di sekolah siswa sebagai pengguna (user) memberikan persentase sebesar 86 8%. Berdasarkan hasil dari seluruh validasi yang telah dilakukan rata-rata kelayakan media pembelajaran e-learning berbasis moodle ini adalah 79 5% dengan kriteria layak. Tampilan pada media ini berupa moodle yang dapat diakses dengan memasukkan url //myownmoodle.tk/ pada browser. Media pembelajaran e-learning berbasis moodle pada materi lingkaran ini terdiri dari menu utama dan menu tambahan. Menu utama terdiri dari courses chat forum diskusi dan tes akhir. Sedangkan menu tambahan terdiri dari forum berita galery sekolah tutorial tentang E-Learning bank soal box konsultasi serta take home quiz. Hasil tes akhir yang dilakukan siswa setelah uji coba menunjukkan 67% dari jumlah seluruh siswa mendapatkan nilai di atas KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Dengan adanya media ini diharapkan dapat digunakan sebagai suplemen dalam proses belajar siswa. Selain itu dengan media ini diharapkan dapat membantu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item