Pengembangan lembar kerja siswa yang sesuai dengan KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) pada pokok bahasan barisan dan deret kelas XII SMA / Wulan Rahma Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa yang sesuai dengan KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) pada pokok bahasan barisan dan deret kelas XII SMA / Wulan Rahma Ningrum

Ningrum, Wulan Rahma (2012) Pengembangan lembar kerja siswa yang sesuai dengan KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) pada pokok bahasan barisan dan deret kelas XII SMA / Wulan Rahma Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Berdasarkan Observasi yang dilakukan pengembang Lembar Kerja Ssiwa (LKS) yang ada saat ini hanya digunakan sebagai tolok ukur untuk menilai pemahaman siswa terhadap materi. Sebagian besar LKS yang digunakan di sekolah dan beredar di pasaran masih menggunakan penyajian konvensional yaitu dimulai dari ringkasan materi contoh soal kemudian soal. Seharusnya LKS yang diberikan harus sesuai dengan kurikulum yang diterapkan dalam hal ini KTSP. Pengembangan LKS ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil pengembangan LKS yang sesuai dengan KTSP pada pokok bahasan Barisan dan Deret kelas XII SMA. Prosedur pengembangan ini mengadaptasi dari pengembangan bahan ajar menurut Mbulu dan Suhartono yakni (1) analisis situasi awal (2) pembuatan prototip (3) penilaian LKS (4) uji coba produk. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang berisi angket dan saran. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisa data prosentase. Validasi dilakukan pada tahap penilaian LKS dengan melibatkan 1 dosen jurusan matematika UM dan 2 guru matematika SMA N 1 Balen. Sedangkan Uji coba produk dilakukan oleh 5 siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Balen. Dari hasil validasi diperoleh kevalidan sebesar 87.68% dengan beberapa revisi diantaranya pada petunjuk dan pemberian identitas pengembang. Sedangkan pada uji coba produk diperoleh kepraktisan sebesar 81.67% dengan revisi pada beberapa tulisan dalam LKS. ii Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif produk yang dihasilkan sudah dapat dikatakan valid namun diharapkan LKS ini dapat dikembangkan lebih lanjut pada materi yang sama maupun materi yang berbeda. Selain itu diharapkan LKS ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15510

Actions (login required)

View Item View Item