Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia materi dimensi tiga kelas x di SMA Negeri 1 Tongas / Noor Halimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia materi dimensi tiga kelas x di SMA Negeri 1 Tongas / Noor Halimah

Halimah, Noor (2012) Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia materi dimensi tiga kelas x di SMA Negeri 1 Tongas / Noor Halimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan multimedia dimensi tiga prestasi belajar. Belajar matematika khususnya meteri dimensi tiga memerlukan tingkat visualisasi tinggi. Akan tetapi guru terkadang hanya mentransfer ilmunya melalui ceramah atau sekedar gambar di papan saja ketika pembelajaran. Akibatnya siswa harus menghayal guna mengaitkan konsep yang diterimanya. Bahkan hal yang tidak diinginkan dapat terjadi seperti kesalahan konsep akibat kesalahan mengaitkan konsep dengan hayalan siswa. Hal tersebut juga dialami oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tongas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media dengan tingkat visualisasi tinggi menggunakan macromedia flash dan 3DS yang layak digunakan pada pembelajaran dimensi tiga dan mampu meningkatkan prestasi belajar. Pada penelitian ini media yang dikembangkan terbatas pada materi jarak dan sudut dalam bangun ruang kelas X di SMA Negeri 1 Tongas. Model penelitian berupa pengembangan yang bersifat deskriptif dengan menggariskan langkah-langkah yang diikuti untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran dengan langkah pembuatannya meliputi (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) pengembangan materi (4) pengembangan alat evaluasi (5) menyusun naskah (6) produksi (7) petunjuk pemanfaatan (8) validasi dan (9) revisi. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari media yang dikembangkan peneliti melihat keberhasilan tersebut dari adanya peningkatan prestasi belajar siswa setalah belajar menggunakan media yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Dimensi Tiga berbentuk compact disc (CD). Hasil dari uji kelayakan yang diperoleh dari ahli media ahli materi uji pengguna dan uji terbatas menyatakan media tersebut mendapatkan rata-rata penilaian 84 39% dengan kriteria layak. Sedangkan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar peneliti membagi siswa dalam dua kelompok yaitu kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan media pembelajaran) dan kelas kontrol (pembelajaran metode konvensional). Siswa sebelumnya belum pernah mendapatkan materi dimensi tiga. Hasil post tes dari kedua kelas digunakan dalam uji hipotesis yang menggunakan software PASW Statistics 18. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebagai syarat dapat dilakukannya uji T-Test. Kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing nilai signifikasinya 0 514 dan 0 208 0 05 sehingga dinyatakan kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas didapatkan nilai signifikasinya 0 052 0 05 sehingga dinyatakan homogen. Berdasarkan hasil uji T-Test didapatkan nilai signifikasinya 0 000 0 05 sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi belajar antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15509

Actions (login required)

View Item View Item