Analsis kemampuan siswa kelas VII SMPN I Malang tipe kepribadiab ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan analosis kesalahan newman / Ita Tristiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analsis kemampuan siswa kelas VII SMPN I Malang tipe kepribadiab ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan analosis kesalahan newman / Ita Tristiana

Tristiana, Ita (2012) Analsis kemampuan siswa kelas VII SMPN I Malang tipe kepribadiab ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan analosis kesalahan newman / Ita Tristiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan Siswa Bilingual Penyelesaian Masalah Matematika Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Analisis Kesalahan Newman. Perkembangan IPTEK dewasa ini yang semakin pesat mengakibatkan perubahan dalam dunia pendidikan. Segala perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat membuat dunia pendidikan terus menyesuaikan diri. Salah satu yang dilakukan oleh pemerintah adalah menerapkan progam RSBI pada sekolah-sekolah. Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sebuah kebijakan pemerintah Indonesia untuk memperbaiki kualitas pendidikan nasional agar memiliki daya saing dengan negara-negara maju lainnya. Ikon SBI di mata masyarakat Indonesia tak bisa lepas dari bilingual sebagai medium of instruction multi media dalam pembelajaran di kelas berstandar internasional ataupun sebagai sekolah prestisius dengan jalinan kerjasama antara Indonesia dengan negara-negara anggota OECD maupun lembaga-lembaga tes/sertifikasi internasional seperti Cambridge IB TOEFL/TOEIC ISO dan lain-lain. Kelas bilingual diadakan sebagai upaya menuju SBI dimana dalam kurikulum bahan ajar dan penyampaian materinya menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan beberapa guru di lapangan siswa pada sekolah RSBI (siswa bilingual) mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran khususnya dalam pelajaran matematika. Belajar matematika akan menjadi lebih sulit karena konsentrasi siswa terbagi menjadi dua yaitu memahami arti kalimat menggunakan bahasa inggris dan memahami konsep matematika yang mempunyai banyak istilah-istilah khusus. Seorang pendidik dituntut untuk memahami kepribadian setiap siswa sehingga dapat memberi perlakuan sesuai dengan kepribadian siswa. Perlakuan-perlakuan yang diberikan kepada siswa dengan mempertimbangkan tipe kepribadiannya akan mengantarkan siswa kepada suatu kondisi optimal Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa kelas bilingual tipe ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Malang (RSBI) di kelas VII F sebanyak 30 anak pada semester genap 2011/2012. Pada penelitian ini siswa diberi tes EPI-A Adaptasi Indonesia untuk mengidentifikasi kepribadian siswa. Kemudian siswa diberi tes masalah matematika berbahasa Inggris sebanyak 3 soal dengan kategori berbeda-beda. Perwakilan siswa dengan kategori ekstrovert dan introvert berkemampuan tinggi sedang rendah akan diwawancara dengan menggunakan Analisis Kesalahan Newman untuk menelusuri letak kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa ekstrovert berkemampuan sedang lebih banyak dari siswa introvert berkemampuan sedang (2) siswa ekstrovert yang berkemampuan tinggi lebih sedikit daripada siswa introvert berkemampuan tinggi (3) siswa ekstrovert yang berkemampuan rendah lebih banyak daripada siswa introvert yang berkemampuan rendah (4) Siswa banyak mengalami kesulitan dalam menuliskan istilah matematika (5) Siswa introvert dan ekstrovert yang berkemampuan rendah banyak melakukan kesalahan dalam aspek transformation dan process skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item