Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peluang kejadian di MTs Sultan Agung Prigen kelas IX / Syehuddin Noer - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peluang kejadian di MTs Sultan Agung Prigen kelas IX / Syehuddin Noer

Noer, Syehuddin (2012) Penerapan strategi Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan peluang kejadian di MTs Sultan Agung Prigen kelas IX / Syehuddin Noer. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Strategi Think Talk Write (TTW) Aktivitas Belajar Hasil Belajar Peluang Kejadian Di MTs SULTAN AGUNG Prigen diperoleh informasi bahwa prosentase aktivitas belajar siswa sebelum pembelajaran dengan strategi TTW sebesar 37 5%. Sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarimateri mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2008/2009 termasuk pokok bahasan peluang kejadian pada kelas IX. Salah satu strategi pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa MTs SULTAN AGUNG Prigen untuk materi peluang kejadian adalah strategi Think Talk Write (TTW). DalamThink Talk Write (TTW) pembelajarandipusatkan pada siswa dengan melalui pemberian masalah di awal pembelajaran yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis kreatif dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Think Talk Write (TTW) untuk melihat aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IXdi MTs SULTAN AGUNG Prigen pada materi Peluang Kejadian. Proses pelaksanaan pembelajaran diawali dengan pemberian masalah untuk dipikirkan oleh siswa selanjutnya guru mengorganisasi siswa untuk belajar dalam suatu diskusi kelompok kemudian diakhiri dengan siswa menuliskan kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasilobservasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Baik pada siklus 1 dengan rata-rata skor 63 54dan Sangat Baik pada siklus2dengan rata-rata skor82 81sudah berada di atas nilai 75 atau 75% dari skor taraf keberhasilan tindakan serta dari hasil angket respon siswa dan hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang terhadap pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW). Sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW) dalam penelitian ini meningkat. Sedangkan persentase banyak siswa yang tuntas belajar pada siklus 1dan siklus 2 adalah 92 31% dengan rata-rata nilai 87 69 pada siklus1 dan 81 15 pada siklus 2. Pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 75%siswa mendapat nilai minimal 64dan rata-rata nilai tes berada di atas rata-rata nilai tes sebelum penelitian yaitu 67 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Think Talk Write (TTW) dalam penelitian ini meningkat dan berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item