Implementasi pembelajaran dengan model reciprocal teaching sebagai upaya meningkatkan pemahaman matematik pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wonosalam / Ruruh Dwijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran dengan model reciprocal teaching sebagai upaya meningkatkan pemahaman matematik pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wonosalam / Ruruh Dwijayanti

Dwijayanti, Ruruh (2012) Implementasi pembelajaran dengan model reciprocal teaching sebagai upaya meningkatkan pemahaman matematik pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wonosalam / Ruruh Dwijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model pembelajaran Reciprocal Teaching pemahaman matematik. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Wonosalam metode yang sering digunakan guru pada pelajaran matematika adalah metode ceramah yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Prestasi belajar siswa juga kurang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa pada materi Persamaan Fungsi Segitiga dan Lingkaran dimana tidak lebih dari 70% siswa kelas VIII-D yang nilainya lebih dari 72. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas VIII-D tersebut. Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching siswa dapat meningkatkan pemahaman matematik untuk menunjang hasil belajar yang baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menerapkan rancangan pembelajaran dan mendeskripsikan tentang proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil tes. Data penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematik siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus II yakni 72.5 % siswa kelas VIII-D memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 72. Berdasarkan penelitian tersebut model pembelajaran Reciprocal Teaching yang dapat meningkatkan pemahaman matematik siswa memiliki lima komponen yaitu (1) membaca bahan bacaan di kelas (2) membuat soal berdasarkan pemahman bahan bacaan (3) klarifikasi/ menjawab pertanyaan atas soal yang telah dibuat oleh siswa lain (4) memprediksi/ membuat pertanyaan lanjutan dari hasil pembahasan soal yang telah dilakukan dan (5) merangkum. Kelima komponen tersebut merupakan adopsi dari teori Pallinscar dan Brown (1986) yang diterapkan dalam format kelompok diskusi kecil yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyarankan kepada guru untuk menjadikan model pembelajaran Reciprocal Teaching sebagai alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15505

Actions (login required)

View Item View Item