Konstruksi permainan tangkap lokam sebagai teknik konseling untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa SMP: kajian perspektif interaksioisme simbolik / Nisa Ariantini - Repositori Universitas Negeri Malang

Konstruksi permainan tangkap lokam sebagai teknik konseling untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa SMP: kajian perspektif interaksioisme simbolik / Nisa Ariantini

Ariantini, Nisa (2018) Konstruksi permainan tangkap lokam sebagai teknik konseling untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa SMP: kajian perspektif interaksioisme simbolik / Nisa Ariantini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ariantini Nisa. 2018. Kontruksi Permainan Tangkap Lokam SebagaiTeknik Konseling Untuk Peningkatan Kecakapan Sosial Siswa Kajian PerspektifInteraksionisme Simbolik. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Andi Mappiare-AT. M.Pd. (2) Dr. M. Ramli. M.A. Kata Kunci kecakapan sosial teknik konseling permainan tangkap lokam. Kajian ini didasarkan pada banyaknya konten budaya yang dapat dimanfaatkan guru BK/Konselorsebagai upaya mengembangkan bidang sosial siswa. Salah satunya dengan mengadopsi permainan tangkap lokam sebagai teknik yang dapat digunakan dalam kegiatan konseling.Banyak unsur-unsur sosial yang berkembang melalui permainan tangkap lokam seperti terjalinnya pola komunikasi antar anggota kelompok munculnya perilaku saling tolong-menolong dan juga terbentuknya komitmen dalam menjalankan tugasnya. Unsur-unsur yang berkembang melalui permainan tangkap lokam tersebut menunjukkan aspek-aspek dalam kecakapan sosial siswa. Fokus penelitian untuk mengungkapkan unsur-unsur yang menjadi konten kecakapan sosial melalui penerapan permainan tangkap lokam serta mendeskripsikan kontruksi prosedur permainan tangkap lokam. Selanjutnya penelitian ini menghasilkan implikasi berupa panduan permainan tangkap lokam sebagai teknik konseling untukpeningkatan kecakapan sosial siswa.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengungkap gejala secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami dengan memanfaatkan diri peneliti sebagai instrumen kunci. Penelitian ini menggunakan rancangan tipe interaksionisme simbolik yaitu peneliti memaknai interaksi antar inidividu dan simbol-simbol yang nampak seperti bahasa ritme-ucap penekanan kata postur gestur mimik dari interaksi yang terjadi dipermainan tangkap lokam serta makna yang individu berikan terhadap itu semua.Terpilihnya subjek penelitian didasarkan kriteria antara lain (1) subjek pernah memainkan permainan tangkap lokam sebelumnya (2) subjek dapat diajak bekerjasamaa untuk melakukan permainan (3) subjek dapat dijadikan informan dalam penelitian serta (4) subjek dapat menjalin hubungan akrab dengan peneliti. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Tarakan Kota Tarakan Kalimantan Utara.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Metode validasi menggunakan dua cara yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi data.Tahap-tahap penelitian adalah tahap pra-lapangan pekerjaan lapangan analisis data penarikan kesimpulan dan tahap penyelesaian.Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama ditemukan beberapa unsur yang menjadi konten kecakapan sosial yaitu kerjasama kepemimpinan asertif dan kepekaan sosial. Kedua ditemukan beberapa konten kecakapan sosial lainnya yaitu keadilan kejujuran pertahanan diri bertanggung jawab saling mempercayai dan kontrol diri. Konten kecakapan sosial yang berkembang melalui permainan tangkap lokam terbentuk dalam pola yang dikategorikan menjadi lima yaitu situasi interaksi output interaksi saluran komunikasi internal vs eksternal arah ekspresi andalan diri dan langgeng.Ketiga ditemukannya konstruksi prosedur permainan tangkap lokam terdiri dari istilah-istilah dalam permainan penyusunan pemain aturan-aturan dalam pemainan dan langkah-langkah permainan. Selanjutnya ditemukannya implikasi penelitian berupa panduan permainan tangkap lokam sebagaiteknik konseling untukpeningkatan kecakapan sosial siswa yang mengadopsi dari langkah-langkah Konseling KIPAS yang terdiri dari kontruksi prosedur dan konstruksi isi. Hasil penelitian ini diharapkanpermainan tangkap lokamdapat digunakan sebagai teknik konseling untuk meningkatkan kecakapan sosial diharapkan dapat dilakukan penelitian tindakan untuk mengembangkan isi panduan diharapkan dapat dilakukan uji coba terhadap implikasi dariprototypepanduan permainan tangkap lokam serta diharapkan dapat dilakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan permainan tangkap lokam dengan kecakapan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/155038

Actions (login required)

View Item View Item