Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Israwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Israwati

Israwati (2012) Penerapan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang / Israwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penerapan PBL Aritmetika Sosial Guru matematika di SMP Negeri 21 Malang masih menerapkan metode konvensional ketika mereka mengajar matematika termasuk aritmetika sosial. Akibatnya siswa mereka sering melakukan kesalahan dalam menerapkan rumus menentukan untung rugi harga penjualan harga pembelian nilai keseluruhan nilai sebagian nilai per unit rabat (diskon) bruto netto tara pajak dan bunga tunggal. Salah satu metode pembelajaran yang secara teoritis dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dialami siswa SMP Negeri 21 Malang untuk materi aritmetika sosial adalah metode PBL. Dalam PBL pembelajaran dipusatkan pada siswa dengan melalui pemberian masalah di awal pembelajaran yang nantinya mampu membawa siswa untuk berpikir kritis kreatif dan mempunyai keterampilan memecahkan masalah serta memperoleh pengetahuan dan konsep dasar dari materi yang diajarkan tersebut. Penelitian ini mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan PBL untuk melihat aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 21 Malang pada materi aritmetika sosial. Proses pelaksanaan pembelajaran di awali dengan orientasi siswa kepada masalah selanjutnya pembelajar mengorganisasi siswa untuk belajar dan membimbingnya dalam penyelidikan individual maupun kelompok kemudian diakhiri dengan penyajian hasil karya dan evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus 1 adalah 97 67% sedangkan presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar pada siklus 2 adalah 100%. Menurut ketuntasan pembelajaran yang ditetapkan SMP Negeri 21 Malang pelaksanaan pembelajaran dikatakan mendukung atau berhasil apabila sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai minimal 65 sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan PBL dalam penelitian ini berhasil. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa yang masuk dalam kategori Baik pada siklus 1 dan aktivitas siswa pada siklus2 masuk kategori Sangat baik serta hasil wawancara terhadap siswa yang menunjukkan bahwa secara umum siswa senang terhadap pembelajaran dengan PBL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15503

Actions (login required)

View Item View Item