Juhandana, Madya Kencana (2012) Pengembangan modul lingkaran dengan pendekatan konstruktivisme sebagai penunjang pembelajaran di kelas VIII RSBI SMP Negeri 1 Lumajang / Madya Kencana Juhandana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci modul konstruktivisme lingkaran Modul pembelajaran merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak yang dirancang agar siswa dapat belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing siswa. Bahasa pada modul pembelajaran ini dirancang menyerupai bahasa pengajar . Modul pembelajaran ini disajikan menarik dan dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi agar siswa lebih bersemangat mempelajari materi yang ada pada modul. Kegiatan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran pada pokok bahasan lingkaran. Modul pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan konstruktivisme dimana siswa membangun/menemukan sendiri konsep tentang lingkaran. Berdasarkan KTSP materi lingkaran merupakan salah satu materi SMP kelas VIII semester 2 yang terdapat dalam Standar Kompetensi 4 yaitu Menentukan unsur bagian lingkaran serta ukurannya. Modul pembelajaran yang dikembangkan telah diuji coba sebagai pijakan untuk melakukan revisi modul. Uji coba dilakukan dalam dua tahap. Uji coba modul tahap pertama melibatkan lima validator yaitu satu dosen matematika UM dan empat guru matematika SMP. Uji coba modul tahap kedua melibatkan sembilan siswa kelas VII SMP RSBI. Hasil uji coba menunjukkan bahwa modul layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |