Peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pohon matematika bagi siswa kelas VII SMPN 1 Rembang / Lubab Elfaidhoh Rifhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pohon matematika bagi siswa kelas VII SMPN 1 Rembang / Lubab Elfaidhoh Rifhani

Rifhani, Lubab Elfaidhoh (2012) Peningkatan kreativitas dan hasil belajar matematika pada materi garis dan sudut melalui pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pohon matematika bagi siswa kelas VII SMPN 1 Rembang / Lubab Elfaidhoh Rifhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci TGT media pohon matematika kreativitas dan hasil belajar Rendahnya prestasi belajar siswa salah satunya disebabkan oleh proses pembelajaran matematika. Paradigma mengajar yang cenderung text book oriented dan kurang bervariasi menyebabkan siswa sering merasa bosan kurang memiliki daya kreativitas dan hasil belajarnya juga kurang maksimal. Dalam proses pembelajaran guru mempunyai tugas untuk memilih model pembelajaran beserta media pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang disampaikan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa yaitu pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pohon matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi dengan menggunakan empat cara dalam pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) dokumentasi (3) angket dan (4) tes. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 37 siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Rembang yang terdiri dari 25 putra dan 12 putri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pohon matematika yang dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap dalam TGT yang terdiri dari empat tahap yakni (1) penyajian kelas (2) belajar kelompok (3) game turnamen dan (4) penghargaan kelompok dimana pada tahap belajar kelompok dan game turnamen digunakan pohon matematika sebagai media pembelajaran. Peningkatan prosentase rata-rata kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II adalah sebesar 4 30% dengan prosentase rata-rata kreativitas siswa pada siklus I 85 28% dan siklus II 89 58%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siswa dari nilai awal ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10% dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara berurutan adalah 49% dengan rata-rata tes siswa 70 dan 84% dengan rata-rata tes siswa 77 mengalami peningkatan sebesar 35%. Saran yang diberikan hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang menarik salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media pohon matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item View Item