Pengembangan panduan pelatihan berpikir kritis menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP / Alfiane Suci Setyasri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan berpikir kritis menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP / Alfiane Suci Setyasri

Setyasri, Alfiane Suci (2019) Pengembangan panduan pelatihan berpikir kritis menggunakan media wayang golek untuk siswa SMP / Alfiane Suci Setyasri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setyasri Alfiane Suci. 2019. Pengembangan Panduan Pelatihan berpikir kritis menggunakan media Wayang Golek untuk siswa SMP. Tesis Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (2) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A Kata Kunci Panduan Pelatihan Wayang Golek Berpikir Kritis Perkembangan teknologi informa si saat ini sangatlah cepat dan dapat menimbulkan berbagai dampak yang cukup serius bagi para pelajar. Perubahan teknologi tersebut mendasari pentingnya keterampilan berpikirkritis untuk dikuasai. Sejalan dengan hal tersebut siswa akan menerima banyak informasi dari berbagai sumber yang konsekuensinya siswa harus mampum emilih serta memilah informasi tersebut secara baik dan benar sehingga bias memerkaya khazanah pemikirannya serta diharapkan mampu menghindar pertikaian yang berujung pada kekerasan. Oleh karena itu pentingnya berpikirkritis dalam menghadapi berbagai permasalahan sangat diperlukan. Hal ini didukung oleh beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dalam bidang pendidikan maupun psikologi. Dapat menghasilkan sebuah panduan pelatihan berpikir kritis dengan media wayanggolek guna menumbuhkan sikap damai untuk siswa SMP. Penelitian menghasilkan produk berupa bukupan duan pelatihanberpikirkritis yang diuji secara teoritis dan memenuhi beberap astandar criteria seperti ketepatan kegunaan dan kelayakan melalui proses uji ahli da ncalon pengguna produk. Penelitianpengembanganinimenggunakan model Borg and Gall (1983) yang telahdimodifikasisesuaidengankebutuhandanketebatasanpenelitiyakniterdiridarienamtahapan yaitustudipendahuluan perencanaan pembuatanproduk ujicobaproduk revisiproduk. Produktelahdinyatakanmemilikikeberterimaanolehbeberapaahli. Tingkat keberterimaantersebutterdiriatasaspekketepatan aspekkegunaan danaspekkelayakan. Hasilujicobacalonpenggunaprodukjugamenyatakanbahwaprodukdapatditerimasertalayakuntukdigunakan. Produkiniakanmelatihsiswa SMP agar dapatberpikirkritis. Produk yang dihasilkandalampenelitianpengembanganiniberupabukupanduanpelatihanberpikirkritismenggunakan media wayanggolekdan DVDyang berisi video wayanggolek.Produk yang dikembangkanmerupakanlayanandasardanberfungsisebagaipreventive development yang dilaksanakandalambimbingankelompok. Konselor dapatmenyediakanwaktukhusus di luar jam BK di kelasuntukmelaksanakanpelatihanberpikirkritis. Apabilakonselorsebagaipenggunaprodukpelatihanmengalamikendaladalammenggunakanpanduansepertialokasiwaktu. Makawaktu yang digunakandapatmenyesuaikansesuaidengankondisi yang ada di lapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154993

Actions (login required)

View Item View Item