Penerapan model pembelajaran Student Team-Achievement (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII-C siswa SMP Darusalam Blitar / Junita Finisya W. - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Student Team-Achievement (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII-C siswa SMP Darusalam Blitar / Junita Finisya W.

Widyaningrum, Junita Finisya (2012) Penerapan model pembelajaran Student Team-Achievement (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII-C siswa SMP Darusalam Blitar / Junita Finisya W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Hasil Belajar Siswa. SMP Darusalam adalah salah satu SMP yang ada di kota Blitar. Kelas VII-B merupakan salah satu kelas yang ada di SMP Darusalam. Berdasarkan informasi yang diperoleh guru metode pembelajaran yang sering digunakan guru adalah metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Salah satu permasalahan yang dialami kelas VII-B selama proses pembelajaran matematika di kelas adalah nilai hasil belajar matematika siswa yang tergolong rendah. Dengan permasalahan ini peneliti ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran STAD pada kelas VII-B. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran STAD dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Darusalam Blitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yakni tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan tahap refleksi. Kriteria keberhasilan tindakan yang ditentukan adalah 70% dari jumlah siswa yang ada di kelas mendapat nilai hasil belajar (rata-rata yang diperoleh dari nilai kelompok dan nilai akhir siklus) 8805 70. Data persentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 66 6%. Sedangkan data presentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus II adalah 71 4%. Data tersebut menunujukan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II yakni 71 4%. Data hasil siklus II ini telah memenuhi kriteria hasil belajar yang telah ditetapkan. Dengan demikian pembelajaran STAD pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Darusalam Blitar. Berdasarkan data yang telah disebutkan penerapan model pembelajaran STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dapat dirangkum yakni tahapan-tahapan STAD yang dilakukan guru adalah tahap presentasi oleh guru tahap berkelompok yang dibentuk berdasarkan tingkat kemampuan siswa pada saat berkelompok ini guru memberikan bantuan kepada siswa dengan memberikan contoh soal lain beserta penyelesaianya terkait soal yang ada di LKK tahap pelaksanaan kuis dan tahap penghargaan kelompok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15499

Actions (login required)

View Item View Item