Pengembangan media bimbingan flipbook berbasis nilai-nilai antikorupsi bagi siswa Madrasah Ibtida'iyah Attaraqqie / Fayrus Abadi Slamet - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media bimbingan flipbook berbasis nilai-nilai antikorupsi bagi siswa Madrasah Ibtida'iyah Attaraqqie / Fayrus Abadi Slamet

Slamet, Fayrus Abadi (2020) Pengembangan media bimbingan flipbook berbasis nilai-nilai antikorupsi bagi siswa Madrasah Ibtida'iyah Attaraqqie / Fayrus Abadi Slamet. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Moral merupakan masalah yang menjadi perhatian bagi kalangan masyarakat baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah rusaknya moral seseorang menjadi ketidaknyamanan bagi lingkungannya. Korupsi merupakan salah satu bentuk bencana dari rusaknya moral dimana terjadinya tindak korupsi merupakan awal mula dari adanya degradasi moral yang ada di masyarakat Indonesia. Hal ini dapat dilihat kurangnya rasa tanggung jawab kejujuran keadilan bahkan kepedulian di antara masyarakat tersebut. Tidak terlepas juga dengan fenomena pada saat ini maraknya tindak pidana korupsi di Indonesia terjadi di kalangan lembaga eksekutif legislatif maupun yudikatif dengan melibatkan berbagai pemimpin atau publik figur yang seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat. Bahkan tidak hanya terjadi di birokrasi pemerintahan namun juga di perusahaan-perusahaan swasta. Salah contohnya korupsi yang sering kita lihat di media cetak maupun elektronik yaitu kasus-kasus korupsi kasus yang banyak menyeret ketua DPR RI mengenai kasus e-ktp dan kejadian suap menyuap yang melibatkan ketua hakim Mahkamah Konstitusi. Memberikan dan menerapkan antikorupsi dalam wujud nilai kejujuran dan keadilan merupakan salah satu cara untuk mengendalikan serta mengurangi tindak korupsi dengan mendorong siswa sebagai generasi muda dalam mengembangkan sikap tersebut. Tujuan penelitian ini mengembangkan media bimbingan flipbook berbasis nilai-nilai antikorupsi bagi siswa MI Attaraqqie. Penelitian pengembangan ini dirancang dengan menggunakan model 4D. Model pengembangan 4-D (Four D) merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh (Sivasailam et al. 1974). Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu Define design develop dan disseminate. Dalam penelitian pengembangan media flipbook ini tidak semua langkah dilakukan hanya sampai pada langkah ke tiga yaitu pengembangan (develop). Flipbook ini digunakan sebagai media bimbingan bagi siswa MI Attaraqqqie dalam memberikan layanan informasi kepada siswa. Media flipbook ini telah di validasi uji ahli media materi dan BK serta calon pengguna produk serta proses indeks uji ahli dengan menggunakan interater agreement model. Produk penelitian ini telah melalui tahap uji validasi oleh uji ahli materi media BK serta calon pengguna. Pada uji validitas ahli materi komik digital menunjukkan validitas sedang dengan nilai 0 8 sedangkan pada uji validitas media komik digital menunjukkan validitas sedang dengan nilai 0 7 pada uji validitas BK menunjukkan validitas sedang dengan nilai 0 6 serta yang terakhir uji validitas calon pengguna produk dengan menunjukkan validitas sedang dengan nilai 0 6 maka dengan ini flipbook nilai-nilai menunjukkan validasi sedang untuk digunakan untuk siswa SD. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk 1) saran diseminasi media flipbook nilai-nilai antikorupsi untuk sasaran yang lebih luas dengan menambah subjek sekolah ataupun siswa 2) peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan nilai-nilai moral dengan menggunakan rancangan penelitian true experiment yang melibatkan subjek lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154965

Actions (login required)

View Item View Item