Pengembangan media bimbingan sinaca untuk meningkatkan minat membaca peserta didik SMK Muhammadiyah Lamongan / Denny Eka Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media bimbingan sinaca untuk meningkatkan minat membaca peserta didik SMK Muhammadiyah Lamongan / Denny Eka Handayani

Handayani, Denny Eka (2020) Pengembangan media bimbingan sinaca untuk meningkatkan minat membaca peserta didik SMK Muhammadiyah Lamongan / Denny Eka Handayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan proses belajar dan pembelajaran yang inovatif ditingkat SMK perlu menumbuhkan minat membaca pada peserta didik untuk meningkatkan minat membaca tentunya tidak hanya dalam proses pelajran yang monoton di sekolah akan tetapi bisa dilaksanakan kapan saja dan dimana saja terlepas ada guru yang mengajar atau tidak dan ini sejalan dengan istilah pendidikan sepanjang hayat istilah tersebutmemberikan gambaran bahwa kegiatan belajar merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan aplikasi Sinaca yang dapat berfungsi sebagai sarana meningkatkan membaca peserta didik SMK Muhammadiyah Lamongan Salah satu bentuk layanan yang bisa diberikan untuk membantu peserta didik meningkatkan minat membacanya adalah bimbingan kelompok adapun media yang dapat digunakan oleh Guru dalam memberikan layanan tersebut bisa dengan menggunakan aplikasi Sinaca mudah digunakankapanpun dan dimanapun.Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini menggunakan Borg amp Gall (1983) yakni dimulai dari pra pengembangan pengembangan produk produk awal uji validasi ahli uji pengguna dan revisi produk akhir sehingga dalam penelitian inisampai pada tahap ke tujuh yaitu operational product revision dari sepuluh tahap yang ada sehingga dalam penelitian pengembangan ini hanya sampai pada uji aksebtabilitas atau keberterimaan produk adapun hasil dari uji aksebtabilitas produk Sinaca berdasarkan uji validasi ahli BK dan Media Pendidikan serta pengguna yakni secara umum aplikasi Sinaca diterima dan bisa digunakan di SMK Muhammadiyah Lamongan.Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah diperoleh deskripsi terkait dengan format Sinaca dengan nilai menurut ahli bimbingan dan konseling ketepatan 1.00 kegunaan 1.00 kemudahan 1.00 dan kemenarikan 1.00. ahli media pendidikan ketepatan 0.9 kegunaan 0.9 kemudahan 0.88 kemenarikan 1.00. Sedangkan dari hasil uji pengguna mendapatkan sekor 3.12. Sehingga dari skor uji validasi diatas artinya secara umum Sinaca sebagai media untuk meningkatkan minat membaca peserta didk secara uji aksebtabilitas diterima dan dapat digunakan oleh peserta didik di SMK Muhammadiyah Lamongan.Saran bagi guru dan Peserta Didik sebagai pengguna dan saran untuk peneliti selanjutnya adalah guru dapat menggunakan Sinaca sebagai layanan bimbingan kelompok bagi Peserta Didik untuk meningkatkan minat membacanya. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya yang berminat untuk melakukan adaptasi pada media Sinaca dapat menggunakan subjek penelitian yang lebih luas agar media Sinaca dapat digunakan secara umum tidak hanya di satu sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/154961

Actions (login required)

View Item View Item